PPMI Rekomendasikan Bulukumba Tuan Rumah JPD 2018 – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

PPMI Rekomendasikan Bulukumba Tuan Rumah JPD 2018

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pengurus Daerah Purna Prakarya Muda Indonesia (DPD PPMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) sukses digelar, Minggu 17 Desember. Rapat yang dipusatkan di Aula Rumah Kaca Bira ini merekomendasikan Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah Jambore Pemuda Indonesia (JPD) 2018 mendatang.

Ketua DPD PPMI SULSEL, M. Yahya HM, mengatakan Kabupaten Bulukumba dipilih sebagai tuan rumah JPD dengan pertimbangan kesiapan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang paling siap. Selain itu, veneu (lokasi) pelaksanaan JPD yang ditawarkan di Kawasan Wisata Bira juga sangat representatif.

“DPC PPMI Bulukumba sedari awal menyatakan diri kesiapannya menjadi tuan rumah pelaksanaan JPD 2018. Dari pemaparan terkait renstra yang disampaikan pada rakerda, kami menilai sejauh ini Bulukumba paling siap,” ujar pria yang akrab disapa Uya ini.

Menurutnya, dengan potensi wisata yang terus dikembangkan Kabupaten Bulukumba sangat cocok menjadi tuan rumah JPD. Karena dalam kegiatan tahunan PMMI tersebut, selain meningkatkan kreatifitas dan peran pemuda juga akan berdampak pada promosi wisata dan perekonomian Bulukumba.

“Di JPD nanti insyallah akan diundang seluruh pemuda dari kabupaten/kota dengan estimasi peserta lebih dari 500 orang. Saya kira ini akan menjadi peluang yang sangat besar dalam mendukung program pengembangan ekonomi kreatif dan kepariwisataan Pemerintah Kabupaten Bulukumba,” tambahnya.

Ketua DPC PPMI Bulukumba, Suparman menambahkan, program JPD merupakan peluang yang sangat baik untuk dimanfaatkan dalam promosi wisata Bulukumba selain pengembangan potensi dan pemberdayaan pemuda. Menurutnya, pemuda harus turut ambil bagian pada setiap pelaksanaan kebijakan strategis pemerintah yang berdampak pada penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan pemuda sesuai sesuai pasal 1 UU No. 40/2009 tentang Kepemudaan.

“Insyaallah kami siap. karena ini sangat relevan dengan upaya Pemkab Bulukumba dalam pemberdayaan pemuda dan pengembangan wisata. Kami berharap program ini mendapat respons positif dari pemerintah daerah,” jelasnya.

Sementara itu,Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bulukumba, Andi Hamka mengaku sangat merespons program PPMI tersebut. Pihaknya pun akan berupaya agar program tersebut dapat terealisasi. “Ini sangat bagus, apalagi Bulukumba tuan rumah. Tinggal masalah anggarannya, karena kami tidak menganggarkan. Tapi nanti kami akan berupaya agar bisa terealisasi,” ucapnya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Muh. Ali Saleng sangat mengapresiasi konsep yang ditawarkan PPMI. Apalagi menurutnya, ada moment Festival Pinisi yang dilaksanakan pada September 2018 mendatang sebagai ajang promosi wisata tingkat nasional bahkan internasional.

 

“Kalau kami tidak ada masalah, kalau mau disandingkan pelaksanaannya. Saya kira Bira cukup representatif kalau untuk lokasi pelaksanaannya,” imbuhnya. (awa/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!