Adu Kuat Mantan Cabup-Cawabup di Pilgub Sulsel – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Adu Kuat Mantan Cabup-Cawabup di Pilgub Sulsel

Ilustrasi (Int)
BULUKUMBA, RADAR  SELATAN.CO.ID  — Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang tidak hanya sebatas pertarungan para pasangan kandidat. Selain mesin partai politik pengusung, pertarungan di level provinsi ini juga melibatkan sejumlah nama mantan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) di Kabupaten Bulukumba.
Bahkan tiga di antaranya secara terang-terangan menyatakan sikap politiknya di Pilgub mendatang, yakini Andi Edy Manaf, H Askar HL, dan Kahar Muslim. Edy sendiri mengaku saat ini gencar menyosialisasikan pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS).
Di beberapa kesempatan, mantan cawabup yang berpasangan dengan Andi Masykur Sulthan di Pilkada Bulukumba 2014 lalu ini terlihat setia mendampingi Nurdin Abdullah maupun Andi Sudirman Sulaiman. Bahkan Edy mengaku memfasilitasi pasangan tersebut untuk melakukan sosialisasi berada di Bulukumba.
Pengurus DPW PAN Sulsel ini mengaku, keputusan politik mendukung NA-ASS merupakan perintah partai yang harus dijalankan. “Saya ini kader tulen PAN, wilayah telah menungaskan saya. Tidak hanya Nurdin Abdullah saja tapi seluruh kandidat yang di usung PAN baik di pilkada atau di pilgub harus dimenangkan. Kebetulan saja kan saya orang Bulukumba, berarti ada tanggung jawab moral untuk menyosialisasikan NA-ASS,” jelasnya kepada RADAR SELATAN, Senin 18 Desember kemarin.
Menurut Edy, amanah yang diberikan DPW PAN Sulsel untuk memenangkan NA-ASS juga memiliki pertimbangan politik lainnya. Sebagai mantan cawabup dan wakil ketua DPRD Bulukumba, tidak dipungkiri ia masih memiliki loyalis dan basis massa yang tidak bisa dinafikkan.
“Mungkin itu yang menjadi salah satu indikator dari DPW. Yang namanya perintah partai harus dijalankan. Itu yang dinamakan loyalitas kader. Tapi yang terpenting adalah mari kita bersama-sama menjaga kondisifitas politik dan sosial di Bulukumba,” ujar mantan ketua DPD PAN Bulukumba ini.
Berbeda dengan H Askar HL, yang menjatuhkan pilihan politiknya kepada pasangan Nurdin Halid dan Azis Kahar Muzakkar (NH-Azis). Bahkan mantan cabup runner up di Pilkada Bulukumba 2014 ini mengaku telah membentuk tim pemenangan sendiri yang diberi nama Pemuda Analang untuk memenangkan NH-Azis.
“Sudah puluhan relawan yang semuanya adalah anak-anak muda telah mendeklarasikan diri ingin bergabung di tim Pemuda Andalang untuk NH,” ujarnya.
Tidak sampai di situ, Ketua DPC PPP Bulukumba ini mengaku dalam waktu dekat akan menyebar seribuan spanduk dan baliho NH-Azis yang akan didistribusikan ke seluruh wilayah di Bulukuma. “Alasan saya pilih beliau (Nurdin Halid, red) karena punya kapasitas, punya jejaring yang luas dan merupakan tokoh nasional. Saya rasa Sulsel akan lebih baik di tangan NH bersama Pak Azis,” ucapnya optimis.
Sementar Kahar Muslim memilih mendukung pasangan Ichsan Yasin Limpo dan Andi Muzakkar (IYL-Cakka). Meski belum memberikan pernyataan resmi, namun di beberapa kesempatan mantan cabup Bulukumba ini setia mendampingi IYL saat berkunjung ke Bulukumba.(faj/man/b)
—-

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!