Pemuda Ini Protes Kegiatan Senandung Kopi Kahayya di Tempatkan di Bira, Ini Alasannya!! – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pemuda Ini Protes Kegiatan Senandung Kopi Kahayya di Tempatkan di Bira, Ini Alasannya!!

Rusman Marsan, salah satu pengelola kopi Kahayya

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Rusman Marsan, tokoh pemuda sekaligus pengelola kopi Kahayya, protes atas kegiatan Senandung Kopi Kahayya, yang rencananya akan berlangsung di Pantai Bira, 20 Desember 2017 mendatang.

Kepada Radar Selatan, Rusman menceritakan alasanya atas penolakan tersebut. Menurutnya, kegiatan Senandung Kopi di Langit Biru Bira, tidak relevan serta dinilai tidak substansial dengan lokasi acara.

“Senandung kopi kahayya itu bukan hanya acara serimonial belaka akan tetapi ada rangkaian acara termasuk menampilkan tradisi masyarakat Kahayya dalam hal pengelolaan kopi, pelatihan pasca panen, kunjungan peserta acara keperkebunan kopi. Ada kerarifan lokal yang harus ditampilkan,”ujarnya.

Rusman menjelaskan, pentingnya kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Kahayya sendiri, dengan tujuan kembali membumikan kopi Kahayya kepada masyarakat, sekaligus salah satu cara untuk mengespose potensi yang ada di Desa Kahayya.

” Dengan tegas masyarakat, pemuda Kahayya menolak acara senandung kopi kahayya kalau ditempatkan di tempat lain selain di Kahayya, termasuk jika ditempatkan di Bira,”tegasnya.

Selain itu, ia mengaku menyesalkan penyelenggara kegiatan yang tidak melakukan koordinasi dengan baik khususnya kepada pengelolah dan masyarakat Desa Kahayya, termasuk pencetus awal acara senandung Kopi Kahayya.

” Padahal acara senandung kopi sudah dua kali di laksanakan di Desa Kahayya dan sudah menjadi tradisi (event tahunan) sebagai perayaan pasca panen kopi oleh masyarakat petani kahayya. Ini sama halnya telah melanggar hak pengelola kopi kahayya,”pungkasnya. (Faj)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!