Lima Pasangan Diprediksi Maju di Bantaeng – Radar Selatan

Radar Selatan

Bantaeng

Lima Pasangan Diprediksi Maju di Bantaeng

BANTAENG, RADAR SELATAN.CO.ID  — Lima pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati diprediksi bakal bertarung di Pilkada Bantaeng 2018 mendatang. Kelimanya merupakan tokoh Butta Toa yang selama ini berkiprah di dunia politik dan birokrasi.
Berdasarkan sekenario polisik berdasarkan data yang berhasil dihimpun RADAR SELATAN menyebutkan, tiga pasangan akan menempuh jalur partai politik dan dua laiannya jalur independen alias perseorangan. Tiga pasangan yang akan menempuh jalur partai politik yakni Ilham Azikin-H Sahanuddin, yang diprediksi akan diusung tiga partai besar, yakni PKS, Gerindra, dan PKB.
Kemudian Muh. Yasin yang saat ini menjabat wakil bupati Bantaeng berpasangan H Rusman Idris. Calon incumbent ini bahkan telah dideklarasikan oleh partai NasDem. Caloan lainnya, Andi Sugiarti Mangun yang juga Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PPP diisukan akan berpasangan dengan Ilham Rifurio.
Sementara dua pasangan yang diprediksi bakal maju melalui jalur independen, yakni Andi Baso Fahrir-Alam Sahruddin Hanafi, yang telah menyerahkan 13.778 KTP (Kartu Tanda Penduduk) ke KPU Bantaeng beberapa waktu lalu. Begitupun dengan pasangan Muh. Alwi-Nurdin Halim, yang juga telah menyerahkan 16.444 KTP ke KPU.
Juru bicara pasangan Ilham Azikin-Sahabuddin, Nurwahni menjelaskan, meski telah ada komunikasi dengan beberapa partai, namun pihaknya masih enggang buka-bukaan hingga deklarasi resmi dilakukan. Alasannya, pihaknya ingin menjaga etika dan suhu politik di Butta Toa agar tetap stabil.
Namun yang pasti, kata Nurwahni, berdasarkan hasil komunikasi yang dilakukan dengan beberapa partai, pasangan dengan tagline Beriman telah cukup tiket (dukungan partai) untuk maju bertarung di Pilkada Bantaeng.
“Beberapa partai sudah menyampaikan lewat media, sejauh ini kita dalam proses untuk konsolidasi dengan pihak partai. Nanti kita akan sampaikan saat deklarasi partai apa saja yang mengusung dan saya berharap teman-teman media bisa bersabar,” ungkapnya dihubungi, Selasa 26 Desember 2017.
Sementara bakal calon wakil bupati dari jalur independen, Nurdin Halid mengatakan, kepastian dirinya maju bertarung bersama Muh. Alwi, menunggu hasil verifikasi faktual dari KPU. Namun yang pasti, keseriusan dirinya maju di Pilkada Bantaeng telah dipermantap dengan dibentuknya tim pemenangan di tingkat desa dan kelurahan.
“Yah haqqul yakin saja, niat yang baik akan dimudahkan, kita tunggu hasil verfikasi faktual saja. Dukungan KTP yang kita serahkan sudah lebih dari cukup yang diprasayartkan UU,” jelasnya saat dihubungi melalui telepon, kemarin.
Sekadar diketahui, Pilkada Bantaeng dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang bersama beberapa daerah lainnya di Indonesia. Setiap pasangan calon minimal mendapkan dukungan lima kursi di DPRD atau 20 persen dari total DPT (Daftar Pemilih Tetap). Sementara untuk jalur independen pasangan calon wajib mengantongi minimal 13.460 dukungan berupa KTP atau 10 pesern dari total 134.600 jiwa DPT Bantaeng.(faj/man/b)
Bahan Grafis….
Peta Kekuatan Partai Politik di DPRD Bantaeng
Periode 2014-2019
No. Partati Jumlah Kursi
1. PKS  4
2. NasDem  3
3. PKB  3
4. Hanura  3
5. Golkar  3
6. PAN  2
7. PPP  2
8. Demokrat  2
9. PKPI  2
10. Gerindra  1
11. PDIP  0
12. PBB  0
Total 25
(Sumber: Bank Data RADAR SELATAN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!