Akademisi Ini Ajak Masyarakat Pilih Cagub Jujur dan Berkomitmen – Radar Selatan

Radar Selatan

Politik

Akademisi Ini Ajak Masyarakat Pilih Cagub Jujur dan Berkomitmen

MAKASSAR, RADARSELATAN.CO.ID —Akademisi Univeristas Hasanuddin (Unhas), Amir Ilyas, menyoroti kontestasi Pilgub Sulsel 2018 yang mulai dipenuhi kecurangan pada tahapan verifikasi faktual calon perseorangan. Beragam aduan terkait pemalsuan dukungan sangat massif. Ironisnya, penyelenggara pemilu maupun aparat penegak hukum terkesan diam. Buktinya, tidak ada pihak yang diseret sebagai pelaku.

Sikap diam itu membuat publik dapat berprasangka segala kecurangan pada tahapan verifikasi faktual dilakukan oleh kandidat dan tim pemenangan. Amir mengungkapkan kandidat yang berani memalsukan dukungan atas nama rakyat jelas tidak bisa diandalkan. Kandidat semacam itu hanyalah orang-orang yang dibelenggu nafsu ingin berkuasa.

“Tahapan jalur perseorangan memang butuh kerja keras, juga kejujuran. Nah, kalau kandidat berani memalsukan dukungan, ya jelas sudah tidak bisa diandalkan. Artinya kan kandidat itu tidak jujur, tidak punya integritas dan tidak berkomitmen,” kata Amir, saat dihubungi Rabu, 3 Januari.

Menurut Amir, kandidat yang berani berbuat curang sangat membahayakan kehidupan bermasyarakat bila nantinya terpilih sebagai pemimpin. Jika dalam pencalonannya saja telah curang, maka pastinya saat berkuasa akan lebih semena-mena. “Jangan sampai masyarakat Sulsel dipimpin oleh orang-orang yang hanya ingin berkuasa dan mencari harta,” ujar mantan Ketua Panwaslu Makassar itu.

Merespons banyak kecurangan pada tahapan verifikasi faktual, Amir mengajak masyarakat untuk lebih jeli memilih calon pemimpin untuk Sulsel. Bukan lagi saatnya menentukan pilihan berdasarkan asal kedaerahan, kedekatan, apalagi hanya karena uang. Jangan sampai, sambung ia, masyarakat tertipu dan hanya akan ditindas bila sampai salah menentukan pilihan.

“Mari pilih sosok pemimpin yang jujur, berintegritas dan berkomitmen. Itu bisa dilihat kok dari sekarang,” pungkas pria yang juga dikenal sebagai pengamat politik itu.

Menjelang Pilgub Sulsel 2018, paling tidak ada empat kandidat yang mengemuka. Di antaranya yakni pasangan Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman, pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar, pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dan Agus Arifin Nu’mang. Khusus Agus, sampai kini belum menetapkan pendamping definitifnya.

Dari empat kandidat itu, pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar merupakan satu-satunya yang mendaftar melalui jalur perseorangan. Adapun tiga kandidat lain memilih maju melalui jalur parpol. (rls)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!