Berdayakan Pemuda, Baznas Bulukumba Gelar Pelatihan Membuat Miniatur Pinisi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Berdayakan Pemuda, Baznas Bulukumba Gelar Pelatihan Membuat Miniatur Pinisi

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Dalam rangka ikut memberdayakan potensi pemuda serta pengembangan ekonomi kreatif. Badang Amil Zakat (Baznas) Bulukumba bekerjasama Baznas Pusat, menggelar pelatihan pembuatan miniatur Pinisi yang ditempatkan di Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe, Kamis 4 Januari 2018.

Pantauan Radar Selatan, Bunyi suara peralatan tukang di halaman dan kolong rumah mewarnai hari ini Desa Salemba. Tampak beberapa pemuda dan bapak-bapak sedang beraksi dengan alat sederhananya dengan kayu yang ada di hadapan mereka. Ada yang memotong dan ada pula yang sedang berkreasi membuat badan perahu. Mereka tidaklah sedang membuat perahu nelayan tetapi mereka sedang mendapatkan pelatihan membuat miniatur Pinisi yang dipandu, Zaenal Abidin atau akrab disapa Enal, pemuda asli Bulukumba yang juga pengrajin miniatur Pinisi berbakat.

“Program ekonomi kreatif miniatur pinisi ini merupakan upaya Baznas Bulukumba melalui Zakat Community Development (ZCD) untuk pemberdayaan ekonomi pemuda dan orang dewasa yang kurang mampu secara finansial atau tergolong mustahik. Miniatur ini diharapkan bisa jadi oleh-oleh desa yang bisa Go International” terang Ustad Yusuf Shandy, Ketua Baznas Bulukumba.

Lebih lanjut Ustadz Yusuf yang juga salah satu Ketua Baznas termuda di Indonesia ini menjelaskan bahwa pelatih nantinya sudah tidak jadi pengrajin tapi akan menjadi manajer pengrajin dalam hal quality control dan strategi pemasaran produk tersebut. Sehingga terjadi regenarasi pengrajin di Bulukumba.

“Pelatihan ini di bagi dalam beberapa tahap di antaranya pembuatan bodi (badan perahu), pembuatan layar, pembuatan tali temali, penguatan kelompok dan analisis bisnisnya” ungkap Rahmat, Sahabat ZCD Baznas Bulukumba dengan wajah sumringah.

Terlihat senyum dari para mustahik dalam menanggapi dari setiap arahan yang diberikan oleh pelatih yang menyimpan secercah harapan perbaikan ekonomi keluarga di masa mendatang lewat usaha kreatif miniatur phinisi yang akan mereka jalan bersama. (Pelukis Langit/Faj)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!