Bialo Raih Penghargaan Desa Ramah Anak – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Bialo Raih Penghargaan Desa Ramah Anak

Agusriadi Maula Kades Bialo
GANTARANG,RADAR SELATAN.CO.ID  — Pemerintah Desa Bialo, Kecamatan Gantarang, menerima penghargaan sebagai desa ramah anak. Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai apresiasi kepada Desa Bialo yang melibatkan anak-anak dalam pembangunan desa.
Kepala Desa Bialo, Agusriadi Maula, menjelaskan, penghargaan tersebut diterima pada peringatan hari ibu beberapa waktu lalu. “Sasaran atau target Pemerintah Desa Bialo adalah menciptakan desa yang peduli terhadap anak, ramah anak, dan desa yang menjamin hak-hak anak,” ungkapnya, Rabu 3 Januari.
Menurut Agus, program tersebut mulai digagas sejak tahun 2017 lalu dengan membentuk forum anak yang melibatkan anak-anak desa dalam pembangunan desa. “Pelibatan anak-anak dalam pembangunan desa itu dikemas dalam kegiatan musrenbang (musyawarah rencana ) anak, jadi anak-anak juga turut menyuarakan rencana pembangunan desa,” terangnya.
Sebagai desa ramah anak, lanjut Agus, pemerintah desa juga mengusulkan beberapa program yang berhubungan dengan anak-anak. Misalnya peningkatan kapasitas anak, wahana bermain anak, dan taman baca anak.
“Taman baca anak bertujuan menanamkan budaya literasi kepada anak-anak sejak dini. Anak di desa nantinya bisa mengisi waktu luang mereka dengan membaca buku di taman baca yang kami sediakan,” paparnya.
Program tersebut diusulkan melalui musyawarah Rencana Kerja Program Desa (RKPDes) tahun ini yang dilaksanakan tahun 2017 lalu. “Mengenai anggaran belum ditetapkan karena tahapannya masih tahapan perencanaan program belum pembahasan anggaran,” tambah Agus. (*)
=====

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!