Dua Mantan Bupati Beradu Strategi di Pilkada Sinjai – Radar Selatan

Radar Selatan

Sinjai / Selayar

Dua Mantan Bupati Beradu Strategi di Pilkada Sinjai

SINJAI, RADAR SELATAN.CO.ID  — Pertarungan politik di Pilkada Sinjai diprediksi akan semakin menarik. Selain melibatkan petahana, pesta demorkasi lima tahunan ini juga melibatkan dua mantan bupati Sinjai, masing-masing HM Roem dan Andi Rudiayanto Asapa.
Pengamat politik Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Muhammadiyah Sinjai, Hermansyah menjelaskan, Pilkada Sinjai tidak bisa lepas dari dua tokoh tersebut. Betapa tidak, putra dari keduannya akan ikut berkompetisi pada perhelatan akbar di Sinjai itu.
HM Roem, kata lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unhas ini, mendorong putranya Mizar Roem mendampingi kakak Bupati Sidrap, Rusdi Masse, yaitu Takyuddin Masse. Keduanya mengusung tagline Takbir. Sementara Andi Rudiyanto Asapa juga mendorong putranya sebagai calon bupati berpasangan dengan kader Golkar yang juga Wakil Ketua DPRD Sinjai, Andi Kartini dengan tagline Sehati.
Hermansyah menilai, bagi masyarakat Sinjai, kedua mantan bupati Sinjai ini masih memiliki kans dan pemilih fanatik di beberapa wilayah. Sehingga sangat dimungkinkan pada pilkada kali ini akan terjadi konstalasi politik yang cukup apik dan penuh dengan strategi.
Di satu sisi lanjut dia, petahana bupati Sinjai, Sabirin Yahya juga telah menyatakan diri kembali bertarung dan berpaket dengan mantan politikus Golkar, Andi Mahyanto Massarapi dengan tagline Bersama. “Ketokohan para bakal calon ini akan memberikan pengaruh kepada basis masing-masing jika melakukan komunikasi yang baik,” urai Hermansyah.
Dosen Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Fajar ini menambahkan, setiap kandidat bisa saja menggarap basis kandidat lain karena perubahan perilaku pemilih dari pilkada sebelumnya. Apalagi dengan massifnya sosialisasi program setiap kandidat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi setiap masyarakat saat ini dan nantinya.
“Tidak menutup kemungkinan basis kandidat A berpaling ke kandidat B atau ke kandidat C, karena mereka intens melakukan komunikasi bukan hanya pada saat membutuhkan,” ujarnya.
Ketiga kandidat ini pun kata Hermansyah didukung oleh partai besar di Sinjai. Sisa Hanura yang belum menentukan sikap politiknya. (faj/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!