IYL-Cakka Mampu Satukan Koalisi Rakyat dan Dukungan Parpol – Radar Selatan

Radar Selatan

Politik

IYL-Cakka Mampu Satukan Koalisi Rakyat dan Dukungan Parpol

MAKASSAR, RADARSELATAN.CO.ID –Kekuatan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel kian melesat. Apalagi, pasangan ini menggabungkan koalisi rakyat dan dukungan Partai Politik (Parpol) yang dinilai bisa menjadi ancaman bagi siapapun lawan politiknya pada perhelatan pesta demokrasi mendatang.

Dengan memadukan dua kekuatan ril melalui dukungan rakyat dan struktur partai politik yang berada di barisan “Mr Komitmen” ini, bakal menjadi kekuatan signifikan menuju kursi gubernur dan wakil gubernur.

Pakar Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Aswar Hasan menuturkan, kehadiran dua partai politik di barisan IYL-Cakka yang telah siap dengan koalisi rakyatnya memberikan kekuatan baru yang terstruktur. Sehingga, akan berimplikasi ancaman bagi kandidat lainnya yang memilih jalur parpol.

“Itu akan menjadi kombinasi yang baik, kombinasi koalisi rakyat dan dukungan partai. Otomatis itu akan menjadi ancaman bagi kandidat lain, kalau itu menjadi kekuatan politik punggawa itu otomatis bisa berimplikasi ancaman bagi kompetitornya,” paparnya, Sabtu (6/1).

Apalagi, dukungan rakyat ke pasangan dengan tagline Punggawa Macakka ini terus mengalir, hal itu dibuktikan dengan antusiasme masyarakat menyerahkan KTP dukungannya untuk memuluskan maju dengan jalur independen.

“Itu tanda-tanda positif bagi pak Ichsan, kalau semakin kedepan mendapat dukungan dari masyarakat. Tapi sekali lagi pak Ichsan jangan sampai lengah karena yang dia lawan ini bukan politisi kemarin,” kata Aswar Hasan.

Meskipun begitu, ia menjelaskan, ancaman IYL-Cakka saat ini yaitu melawan kekuatan partai, karena partai juga memiliki kekuatan yang terstruktur. Tetapi, apabila IYL-Cakka mampu menarik simpati rakyat itu bisa menjadi sebuah kekuatan baru. (rls)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!