Wasapada Cuaca Esktrem Makan Korban – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Wasapada Cuaca Esktrem Makan Korban

* Dua Mobil dan Pengendara Tertimpa Pohon
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Angin kencang kembali menghantam sebagian wilayah Kabupaten Bulukumba, Rabu 17 Januari kemarin. Puluhan pohon tumbang dan menimpa dua unit mobil dan menghacurkan satu rumah di Desa Tanah Harapan, Kecamatan Rilau Ale. Bahkan seorang pengendara motor terluka.
Informasi yang dihimpun RADAR SELATAN, angin kencang terjadi di lima desa, yaitu Desa Tanah Harapan dan Topanda di Kecamatan Rilau Ale, Desa Bonto-Bonto dan Benteng Malewang Kecamatan Gantarang, serta Desa Manyampa di Kecamtan Ujungloe. Dari peristiwa tersebut, satu rumah warga rusak tertimpa pohon tumbang di Desa Topanda.
Pohon tumbang juga menimpa dan merusak dua unit mobil di Desa Manyampa dan Desa Tanah Harapan. Sementara satu pengendara motor yang terluka kini telah dilarikan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulthan Dg Radja.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, A. Akrim Amir mengatakan jika angin kencang terjadi di Bulukumba akibat adanya anomali cuaca yang terjadi. Tidak hanya angin kencang, Akrim juga berharap masyarakat turut waspada dengan banjir yang akan melanda Bulukumba dalam waktu dekat ini.
“Iya angin kencang tadi yang merubuhkan pohon, satu di antaranya pengendara motor yang tertimpa dan sudah kita larikan ke rumah sakit. Ada juga yang dirusak rumahnya di Desa Topanda atas nama Baharuddin,” jelasnya.
Dari ramalan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), lanjut Akrim, perubahan cuaca tidak menentu ini akan terjadi di sepanjang bulan Januari hingga Februari mendatang.  Dengan kondisi curah hujan yang tinggi yang disertai dengan angin kencang. Akrim berharap, masyarakat terus waspada. Karena menurutnya bencana alam terus mengintai.
“Kami harap masyarakat waspada, kami sudah imbauan  malalui radio maupun spanduk yang kami pasang pada titik rawan bencana,” imbaunya.
Selain merubuhkan beberap pohon, angin kencang juga sempat mengganggu acara persemian kantor baru desa di Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale oleh Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali dan Wakil Bupati, Tomy Satria Yulianto.
Bupati bahkan terpaksa harus menghentikan sambutanya akarena seluruh tamu yang hadir berlarian meninggalkan lokasi acara. Akibatnya, peresmian kantor yang rencananya juga akan dilaksanakan maulid dipindahkan ke dalam kantor desa baru yang diisi oleh Usatd Armayadi sebagai pengisi ceramah hikmah maulid.
Meski demikian, prosesi peresmian tetap berjalan yang ditandai dengan penggunting pita serta penandatanganan prasasti oleh bupati. Sappewali. (*)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!