Ritual Barazanji Awali Coklit di Selayar – Radar Selatan

Radar Selatan

Sinjai

Ritual Barazanji Awali Coklit di Selayar

 

KEPULAUAN SELAYAR, RADAR SELATAN.CO.ID  — Kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih secara serentak yang dimulai pada Sabtu 20 Januari, diawali dengan rituali barazanji. Ini terjadi di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel.

Proses coklit sendiri dimulai pukul 12.00 Wita sampai 16.30 Wita. Di Desa Bonto Marannu Kecamatan Bontomanai yang menjadi lokasi coklit, dilakukan ritual barazanji di Masjid tertua Awaluddin di Dusun Lalangbata.
“Barazanji bertujuan agar mendoakan kegiatan coklit berjalan lancar dan aman,” ujar Ahmadi, salah seorang tokoh adat masyarakat di Dusun Lalangbata.

sementara Divisi Data dan Program KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Nastuti mengharapkan kegiatan coklit mampu menghasilkan data KTP Elektronik yang sesuai NIK, Nama, dan Tempat Tanggal Lahir
yang ada di Kartu Keluarga penduduk Dusun Lalangbata Desa Bonto Marannu.
“Kami juga mencari dan melakukan pendataan jumlah penduduk yang mempunyai dan tidak mempunyai KTP elektronik,” terang Andi Nastuti.

Seperti diketahui, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dihelat tahun ini, KTP Elektronik adalah syarat untuk melakukan proses pendataan yang dilakukan oleh PPDP lalu dimutakhirkan datanya di tingkat PPS, kemudian di Kecamatan dan Kabupaten.

 

“Sehingga penduduk dapat menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018,” ujar Nastuti.

Kegiatan Coklit serentak diikuti juga tiga staf KPU Kepulauan Selayar, Sutriani, Zukni Pahman, dan Iskandar. Hadir pula Ketua dan anggota BPD, Sekretariat Desa Bontomarannu, Panwas Kecamatan Bontomanai, PPDP dan PPS Desa Bontomarannu serta tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan tokoh agama dan adat. (rls)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!