Solidaritas Kader Partai di Pilgub Goyah? – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Solidaritas Kader Partai di Pilgub Goyah?

Dr. Firdaus Muhammad  Pengamat Politik
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Perhelatan pesta demokrasi selalu saja melahirkan cerita baru. Tidak hanya soal klaim dukungan dan mahar politik, kisruh internal partai kerap terjadi lantaran perbedaan pilihan antara kader dan keputusan partai.
Pengamat politik yang juga Dosen Ilmu Komunikasi UIN Makassar, Dr. Firdaus Muhammad mengatakan, salah satu penyebab terjadinya perbedaan dan ketikselarasan komunikasi antara kader dan keputusan partai akibat adanya hubungan emosional antara kader dan salah satu figur. Kedekatan keduanya kerap berdampak akan tidak maksimalkanya mesin partai.
Selain itu, adanya pengalihan dukungan dari figur satu ke figur lainnya juga menjadi salah satu penyebabnya. “Kan biasanya sudah ada partai atau kader partai yang menjalin komunikasi awal dengan salah satu kandidat. Tiba di akhir ternyata keputusan di partai pusat itu berubah,” jelasnya.
Meski demikian, Firdaus mengatakan, sebagai kader tulen atau telah lama berkecimpung di partai tak ada alasan kader untuk tidak searah dengan keputusan partai. Pasalnya jika tak terjadi komunikasi yang baik akan berimplikasi pada ketidakproduktifan partai dalam melakukan kerja-kerja politik.
“Kalau itu terjadi akan ada hambatan komunikasi. Makanya partai harus tegas kepada pengurus dan kader-kadernya,”katanya.
Sementara itu, Ketua DPC PKB Bulukumba, Fahidin HDK, menegaskan kader dan pengurusnya PKB di Bulukumba khususnya tetap solid dan tunduk pada keputusan partai. Keputusan DPP PKB telah mengusung NH-Azis di Pilgub Sulsel sudah menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Disinggung soal Sekreterisnya, Andi Anwar Purnimo alias Andi Aan yang diketahui dekat dengan kandidat lainnya, diakuinya adalah komunikasi keluarga dalam rangka menjaga keharmonisan kekeluargaan.
“Dan posisinya NA sebagai bagian keluarga yang harus dijaga keharmonisannya, sebagaimana banyak orang partai yang menjalankan tugas partai kemudian tetap membangun dan mempertahankan nilai nilai kekeluargaan. Jadi saya maklumi karena hubungan kekerabatan itu inti dari membangun keharmonisan yang perlu dijaga bersama-sama. Intinya kami di PKB solid ke NH-Azis,”jelasnya.
Legislator tiga periode ini mengatakan, sejumlah strategi telah dilakukan pihaknya untuk memenangkan NH-Azis di Bulukumba. Salah satunya dengan merapatkan barisan dan mesin partai agar tak ada sekat dalam arah perjuangan. Di antaranya adalah merapatkan barisan seluruh anggota DPRD Bulukumba, khususnya seluruh partai pengusung NH-Azis.
“Apalagi kehadiran eksekutif dalam hal ini Bapak Wakil Bupati, ini sudah cukup meyakinkan akan kemenangan NH-Azis menuju sulsel baru,”pungkasnya.
Hal yang sama juga dikatakan, Ketua DPD PAN Bulukumba, Andi Zulkaranin Pangki. Meski sempat menjadi topik kontroversial lantaran sejumlah kader PAN Bulukumba berseberangan dengan keputusan partai yang mendukung IYl-Cakka. Namun pasca rekomendasi yang dikeluarkan PAN untuk Nurdin Abdullah, dan diterima di KPU. Pihaknya menegaskan soal komitmen dalam memenangkan bupati Bantaeng dua periode itu.
“Sudah jelas, dan saya tegaskan PAN Bulukumba untuk Nurdin Abdullah,” ujarnya.(faj/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!