Tak Hadiri Musrembang, Warga Tamaona Kecewa dengan Legislator – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Tak Hadiri Musrembang, Warga Tamaona Kecewa dengan Legislator

Suasana Musrembang Desa Tamaona yang tak dihadiri anggota DPRD 
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Sejumlah warga Desa Tamaona, Kecamatan Kindang, meluapkan kekecewaan terhadap wakil rakyat mereka di DPRD Bulukumba. Pasalnya, tak satupun legislator dari daerah pemilihan Kindang hadir dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang digelar di kantor desa setempat, Kamis 25 Januari kemarin.
Tokoh Pemuda Desa Tamaona, Ikhwan sangat menyayangkan ketidakhadiran anggota DPRD tersebut. Menurutnya, sikap para wakil rakyat ini menjadi bukti ketidakseriusan dalam mengawal aspirasi masyarakat. Padahal, kehadirannya sangat diharapkan dalam rangka menyerap dan mengawal kebutuhan masyarakat khususnya di Desa Tamaona.
“Warga Tamaona khususnya sudah perlu mengevaluasi konsistensi dan kinerja anggota DPRD yang ada saat ini, khususnya mereka yang berasal dari Kecamatan Kindang. Harus dipikir kembali untuk pileg 2019 mendatang,” ujarnya.
Hal senada juga diungkapkan, Ketua BPD Desa Kindang, Nasrum. Menurutnya kehadiran anggota DPRD seharusnya menjadi ajang menyamakan persepsi dalam membahas dan mengkaji kebutuhan warga Desa Tamaona untuk diperjuangkan di tingkat kabupaten.
“Semoga kejadian ini tidak terulang lagi. Sangat penting anggota DPRD hadir dalam rangka menyamakan presepsi agar pengawalanya juga lebih mantap,” terangnya.
Sementar itu, Kepala Desa Tamaona, Bustan, membenarkan ketidakhadiran anggota DPRD di musrenbang desanya. Bahkan camat pun hanya diwakili kepala KAU (Kantor Urusan Agama). Meksi demikian menurutnya kegiatan tersebut tetap berjalan.
“Camat saja di wakili dari KUA. Yang paling dibutuhkan warga adalah pengairan dan perbaikan jalan. Tidak jadi soal, biar juga hadir kalau tidak bisa mengawal kan sama. Karena kami yakin selama itu kebutuhan warga baik DPRD dan pemkab pasti menyetujui,” ujarnya.
Terpisah, Ketua DPRD Bululumba, Andi Hamzah Pangki yang dikonfirmasi mengaku padatnya jadwal musrembang di Dapil Gantarang-Kindang menjadi salah satu alasan ketidakhadiran anggota DPRD di Desa Tamaona. Belum lagi dalam seharinya tercatat hingga lima desa yang menggelar musrembang secara bersamaan.
Khusus di Kindang sendiri terdapat empat anggota DPRD, di antaranya Abdul Kaab, Andi Mustamin Patawari, H Mustamir, dan H Akram. Hamzah menduga, ketidakhadiran anggota DPRD di musrenbang akibat komunikasi dan penjadwalan yang kurang akurat dari pihak kecamatan.
“Makanya kami akan koordinasi ke camatnya, kenapa sampai begitu. Tidak mungkin bisa didatangi semua dengan jadwal yang sama dan lokasi yang banyak,” jelasnya. (faj/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!