Waspadai Trevel Umrah Bodong, Ini Yang Harus Anda Perhatikan!!! – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Waspadai Trevel Umrah Bodong, Ini Yang Harus Anda Perhatikan!!!

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Tingginya animo masyarakat menunaikan ibadah haji dan umrah, menjadi peluang bisnis yang sangat potensial. Namun perlu hati-hati memilih biro pejalanan (travel) haji dan umrah, apalagi dengan menawarkan biaya murah dengan iming-iming fasilitas yang luar biasa.
Kasat Reskrim Polres Bulukumba, Iptu Deki Marizaldi menjelaskan, sebagai bisnis dengan profit yang cukup menjanjikan, membuat biro perjalanan umrah tumbuh pesat. Namun di lain sisi kondisi ini justru dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab meraup keuntungan pribadi dengan cara menipu calon jemaah.
Meski saat ini, di wilayah Polres Bulukumba belum terjadi kasus penipuan berkedok biro perjalanan umrah, namun pihaknya mengigatkan masyarakat untuk jelih memilih biro perjalanan. “Belum ada kasus yang kita tangani begitu. Tapi kami tetap berkoordinasi dengan instansi terkait. Tetap kita lakukan pengontrolan,” kata Deki.
Mencegah hal tersebut terjadi, Kementerian Agama diminta memberlakukan tarif ambang bawah untuk biaya perjalanan umrah. Hal ini untuk mencegah upaya oknum tidak bertanggung jawab menawarkan perjalanan umrah dengan harga yang tidak realistis berkedok promo.
Apalagi diakui Deki, saat ini ada beberapa penyedia layanan perjalanan umrah yang tidak sehat. Salah satunya biro travel dalam menarik calon jamaahnya memberikan harga promo termurah. Namun belakangan bermasalah hingga menelantarkan calon jemaah.
“Kami harap sebagai calon jamaah harus jeli memilih biro travel yang menawarkan jasanya dan legalitasnya, dan jangan terpancing karna promo atau harga di bawah standar,” imbauhnya.(faj/man/b)
Bahan grafis…
Ciri-ciri Trevel Umrah Bodong
-Tidak memiliki kerja sama dengan Kementerian Agama
-Sering menawarkan harga murah di luar kewajaran
– Tidak memiliki kantor atau alamatnya palsu
– Tidak memiliki website resmi
– Bayar di muka dan dijanjikan berangkat di waktu tertentu
Tips Menghindari Penipuan Perjalanan Umrah
– Selalu cek langsung ke kantor biro perjalanan dan cek juga apakah perusahaan mereka sudah terdaftar serta memiliki izin resmi atau tidak.
– Cek di internet mengenai situs atau website biro dan juga lihat review mengenai pelayanan serta baik dan buruk dari perusahaan jasa tersebut.
-Jika yang menawarkan adalah ustaz atau pemuka agama, cek apakah orang tersebut sudah berpengalaman atau tidak.
-Telusuri jika memberikan banyak bonus atau tarif murah

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!