Jurnalisme Warga Bantaeng Belajar di Radar Selatan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bantaeng

Jurnalisme Warga Bantaeng Belajar di Radar Selatan

Redaktur Pelaksana (Redpel) Harian Radar Selatan, Suparman memberikan materi pada perserta pelatihan Jurnalisme Warga (JW) Bantaeng yang hadir di ruang redaksi RADAR SELATAN, Senin 29 Januari 2018.
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Dalam rangka penguatan kapasitas dan keterampilan masyarakat dalam melakukan advokasi melalui tulisan, belasan peserta Jurnalisme Warga (JW) Bantaeng mengunjungi Redaksi Harian RADAR SELATAN, Senin, 29 Januari 2018.
Koordinator JW Sulsel, Andi Sultan mengatakan, kunjungan ini merupakan salah satu agenda program di awal tahun 2018. Tujuannya dalam rangka penguatan kapasitas dan keterampilan masyarakat agar advokasi isu layanan dasar, seperti kesehatan, pendidikan, dan administrasi kependudukan berjalan optimal.
“JW yang hadir ini bekerja di ruang desa. Untuk Desa Rappoa, Papan Loe, dan Biang Loe yang masing-masing di Kecamatan Pajukkukang,” ungkap Sultan.
Terbentuknya JW di Sulsel, kata Sultan, masih di lingkup Bantaeng dan Pangkep, dan sementara dirintis di Bulukumba. Kehadiran JW di Bulukumba menurutnya sangat potensi dengan keberadaan sejumlah radio lokal termasuk media cetak lokal RADAR SELATAN yang menjangkau wilayah selatan Sulsel.
“Tidak menutup kemungkinan ketika anggaran PPNM (Perhimpungan Pengembangan Media Nusantara) mencukupi bisa saja replikasinya di Bulukumba. Tahun ini PPNM memang konsen pada replikasi jurnalisme warga,” ujarnya.
Agenda JW Bantaeng yang telah terlaksana, lanjut Sultan, launching JW, dilanjutkan dengan perekrutan dan mentoring plus dan regional. JW Bantaeng juga telah melakukan pemasangan mading desa dan replikasi jurnalisme warga.
“Kalau 2018 salah satunya kunjungan media ini kemudian fokus pada advokasi kegiatan sinergi anggaran desa dan anggaran kegiatan JW yang didanai PPNM,” katanya.
Keterlibatan JW di desa kini sudah diberdayakan. Contoh kecilnya, JW telah dilibatkan dalam pengelolaan website desa dan dan pengelolan sistem informasi desa. Menurut Sultan, masalah dasar yang dihadapi desa, banyak website menjamur namun tidak terkelola dengan baik.
“Keberdaan JW menjadi solusi dan alternatif dalam pengelolaan website. JW ini terdidik dan terlatih oleh media profesional untuk menyajikan informasi yang layak dari desa,” tambahnya.
Sementara itu, Redaktur Pelaksana (Redpel) Harian RADAR SELATAN, Suparman mengatakan, materi yang diberikan untuk JW arahnya lebih pada perspektif tulisan sebagai jurnalisme warga. Meski demikian dirinya tetap mengenalkan kode etik dan penyajian informasi lengkap dan mengedukasi.
Suparman juga mengapresiasi kehadiran JW di tengah-tengah masyarakat. Dengan banyak memperoleh pelatihan mengenai jurnalisme, JW akan lebih matang terhadap pemilahan informasi yang layak untuk publik.
“Tentunya karya-karya juenalisme warga ini bisa menjadi referensi informasi oleh teman-teman jurnalis,” kata Ketua Forum Jurnalis Selatan (FJS) ini. (jar/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!