NH-Aziz Gagas Pembangunan Sentra Produk Tani di Desa – Radar Selatan

Radar Selatan

Politik

NH-Aziz Gagas Pembangunan Sentra Produk Tani di Desa

MAKASSAR, RADARSELATAN.CO.ID — Konsep pemerataan benar-benar menjadi pedoman Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) dalam mewujudkan Sulsel Baru yang lebih sejahtera. Beragam inovasi program telah dirancang dan siap diimplementasikan. Teranyar, pasangan nasionalis-religius itu siap membangun industri pengolahan pada daerah sentra produksi.

Gagasan itu berarti sentra produk tani tidak lagi berpusat di kota-kota besar, tapi juga di desa. Toh, desa atau kampung merupakan sumber dari produk pertanian.

Koordinator Tim Petani Cerdas Sulsel untuk NH-Aziz, Andi Agustina, mengapresiasi ide brilian tersebut. Kalangan petani disebutnya sudah lama menunggu hadirnya industri-industri pengolahan yang lebih mudah dijangkau. Dengan begitu, rantai distribusi pasar bisa dipangkas yang akan memberikan keuntungan bagi petani.

Selain mendekatkan bahan baku, juga bisa membuka lapangan kerja di daerah-daerah. Ini sejalan dengan tekad NH-Aziz menekan kesenjangan ekonomi di desa dan kota.

“Hasil pertanian dan perkebunan bisa langsung diolah di daerah. Selain meningkatkan nilai jual, lapangan pekerjaan pada industri pasti terbuka juga. Misalnya cokelat, jagung dan lain sebagainya, nanti diolah menjadi produk yang harga jualnya bisa meningkat dan dikelola oleh masyarakat juga,” kata Agustina.

Sementara itu, NH mengungkapkan pembangunan industri pengolahan pada daerah sentra produksi merupakan bagian dari program pro-kampung. Dipaparkan dia, bila itu terealisasi maka dua tujuan bisa tercapai sekaligus. Yang dimaksudnya yakni penciptaan lapangan kerja yang luas dan pembangunan sektor agro. (rls)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!