Puluhan Rumah di Kalumeme Terancam Abrasi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Puluhan Rumah di Kalumeme Terancam Abrasi

ABRASI. Kolong rumah warga Kalumeme digenangi air laut. Kondisi tersebut mengancam terjadinya abrasi. 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Puluhan rumah atau pemukiman warga di Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujung Bulu terancam mengalami abrasi. Salah satu contohnya rumah milik Kamran yang kolong rumahnya sudah tergenangi air laut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Akrim Andi Amir mengatakan, baru-baru ini tim BPBD bersama pemerintah setempat dan aparat kepolisian turun melakukan evakuasi dengan memasang karung yang berisi pasir sebagai penahan ombak untuk mencegah masuknya genangan air laut hingga ke kolong rumah warga lainnya.

“Sebagai langkah awal kami pasang karung yang berisi pasir di sepanjang bibir pantai untuk mencegah abrasi ke rumah warga. Meski rumah milik Kamran saat ini dalam keadaan kosong di tinggal merantau ke Malaysia,” kata Akrim, Selasa, 30 Januari 2018.

Tentunya, sebagai perhatian, untuk penanganan selanjutnya akan dilakukan penganggaran terkait rencana pembangunan tanggul penahan ombak di sepanjang bibir pantai di Kelurahan Kalumeme.

Dia mengaku, sebelumnya beberapa rumah juga mengalami abrasi di Kelurahan Ela-ela 2015 lalu dan alhasil saat ini dibangun tanggul penahan ombak di sepanjang bibir pantai.

“InsyaAllah bekerjasama dengan instansi terkait kami akan mengupayakan agar di Kelurahan Kalumeme juga dibangun tanggul penahan ombak,” janjinya. (nin/has

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!