Pelayanan RSUD Sultan Daeng Radja, Kembali Disorot – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pelayanan RSUD Sultan Daeng Radja, Kembali Disorot

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Keluhan masyarakat terhadap pelayanan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Daeng Radja, tak kunjung memperlihatkan perubahan ke arah yang lebih baik. Sorotan atas pelayanan kembali datang dari keluarga pasien.

 

Iwan, yang juga Anggota Polsek Ujung Bulu ini mengaku kecewa terhadap pelayanan yang ditunjukkan petugas medis di IGD. Pasalnya, anaknya yang sedang sakit karena demam, saat dibawa ke IGD RSUD Sultan Daeng Radja, dangan harapan mendapatkan pelayanan di RSUD, malah diminta untuk berobat diluar. Alasannya, sakit yang di derita anaknya tak begitu parah.

 

” Saya minta agar anak saya diperiksa darahnya. Tidak mungkin saya bawa anak saya kesini (IGD) kalau tidak sakit. Apalagi ini demamnya sudah lima hari, dan sudah saya bawa ke dokter praktek,”jelasnya Rabu 8 Februari 2018, malam tadi.

 

Ia menambahkan, alasan lainnya anaknya ditolak untuk tidak dilayani, lantaran tak membawa pengantar rujukan dari puskesmas atau dokter keluarga.

 

“Jadi saya bilang, kalau begitu berlaku umum saja, tak usah BPJS. Tetap saja tidak dilayani, makanya anakku saya bawa pulang,”jelasnya.

 

Sementara itu, Humas RSUD Sultan Daeng Radja, Gumala menjelaskan, jika hal tersebut hanyalah kesalapahaman. Diakui pihak rumah sakit tak menolak memberikan perawatan medis terhadap pasien, apalagi pasien tersebut adalah anak-anak. Hanya saja, orang tua pasien meminta agar langsung darah anaknya di periksa. Sedang, prosedur yang ada harus melalui observasi dan pemeriksaan fisik dulu, barulah hasilnya kemudiaan akan ditindaklanjuti oleh dokter, apakah layak darahnya di periksa ataukah justru adanya diagnosa penyakit lain.

 

“Jadi bapak ini (orang tua pasien) datang ke IGD dan langsung minta darah anaknya di periksa di LAB, itukan tidak bisa pasti kita observasi dulu. Prosedurnya begitu, pasien harus di periksa fisik dulu. Pihak IGD sudah memberikan penjelasan ke keluarga pasien, jadi bukan di tolak. Yah wajar kita maklumi mungkin bapak ini cemas dan kalut karena anaknya sakit. Kami sarankan agar pasiennya segara di bawa kembali ke IGD untuk di observasi dan periksa fisik,”ujarnya.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!