Pemkab Persiapkan Bira Timur Jadi Destinasi Dunia – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pemkab Persiapkan Bira Timur Jadi Destinasi Dunia

Pantai Bira Timur
* Jembatan Kaca, Rock Bar Hingga Convention Center
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata Bulukumba menggagas Bira Timur menjadi desnitasi wisata fantastik yang siap mencuri perhatian dunia. Konsep pembangunan mulai dari pembuatan jembatan kaca, rock bar hingga convention center.
Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Muh. Ali Saleng mengatakan, hampir 20 hektare lahan milik pemerintah yang masuk dalam kawasan Bira Timur akan dikembangkan. Lahan tersebut memanjang dari Pelabuhan Penyeberangan Bira ke ujung pantai Woy-woy Sunrise dan berputar ke belakang Ammatoa Resort.
Masuk dalam konsep pembangunan wisata bahari di antaranya membuat jembatan kaca yang saat ini tahap pembuatan proposal. Gambaran jembatan kaca tersebut seperti di Toraja.
“Jembatan kaca ini sebenarnya tantangan dari bupati (AM Sukri Sappewali, red) makanya dibuka Bira Timur. Kalau Toraja bisa, kenapa kita tidak,” katanya.
Setelah kunjungan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), lanjut Ali Saleng, lahirlah konsep rock bar seperti di Bali. Sedangkan pembangunan lainnya yang masuk dalam perencanaan adalah convention center. Ide tersebut dari hasil kunjungannya saat pertemuan skala nasional di Bali. Dengan pertimbangan akomodasi yang memungkinkan, dengan total jumlah kamar di Tanjung Bira sudah diangka 1.000-an.
“Kalau ada kegiatan besar tidak pernah di Bulukumba karena kita tidak punya ruangan yang memadai. Ini kita pikirkan, akan dibangun di atas puncak bukit convention center,” ujarnya.
Berbicara perencanaan anggaran untuk pengembangan wisata eksotis itu, Ali Saleng mengaku secara keseluruhan nominalnya fantastik, berbanding lurus dengan konsep perencanaan. Dana hibah sebesar Rp 2 miliar dari Pemprov Sulsel saat kunjungan gubernur terbilang masih minim.
Untuk mengoptimalkan pengelolaan Bira Timur, pengembangan bukan hanya mengandalkan dari Pemkab Bulukumba, tapi juga Pemprov Sulsel hingga pemerintah pusat. Bahkan pemkab siap menerima investor yang tertarik mengembangkan usaha pariwisata di kawasan tersebut.
“Pemda akan mengundang siapa saja investor, tentunya melalui seleksi. Kita akan lihat dari segi kelayakannya,” jelas Ali.
Untuk mendukung wisata Bulukumba semakin maju, mantan sekretaris DPRD Bulukumb aini berpesan kepada masyarakat untuk mendukung program pemerintah. Kebijakan yang dilakukan pemerintah pertimbangannya untuk memberikan dampak bagi masyarakat, salah satunya peningkatan ekonomi. Dukungan masyarakat yang penting adalah menjaga lingkungan dengan baik.
Setelah di buka Bira Timur, meskipun belum sentuhan dana sudah menarik banyak wisatawan lokal. Pasca kunjungan SYL, banyak yang penasaran dan meninjau lokasi tersebut. Termasuk dari komunitas fotografi dari luar daerah yang secara khusus datang mengabadikan keindahan alam Bulukumba. (*)
—-
Menikmati Sunrise and Sunset di Satu Titik
Berbicara soal keunggulan Bira Timur, Ali Saleng menguraikan, Bira Timur adalah titik nol Pulau Sulawesi. Kawasan ini juga menjadi jalur laut penyeberangan Bulukumba-Kepulauan Selayar dan antar pulau di sekitar Bira seperti Liukang Loe.
Selanjutnya wisata sejarah, makam Sangkawani (ratu dari Luwu) dari ujung timur Bulukumba ini juga dapat disaksikan pusaran air (pertemuan arus selat) antara Pulau Liukang, Pulau Betang, dan Tanjung Bira. “Ada makam yang sering dikunjungi di sana, itu juga menjadi salah satu dari keunggulannya Bira Timur,” terangnya.
Pantainya yang indah dan air yang jernih, dari sana pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan hias. Jika beruntung dapat melihat pari dan penyu berenang, termasuk lumba-lumba bermain. Tidak heran kalau Bira Timur menjadi surganya para pemancing mania.
“Waktu kami ke sana sempat lihat penyu dan pari berenang, sayangnya tidak sempat merekam gambar,” kenangnya saat kunjungan sebelum SYL.
Bira Timur juga diakui Ali Saleng lebih eksotis, memiliki tebing terjal yang menantang dan pasir putih yang halus. Mengagumkan, dar

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!