Oknum Pejabat Nyabu Terancam Dipecat – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Oknum Pejabat Nyabu Terancam Dipecat

Ilustrasi int
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Oknum pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, MS yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba terancam dipecat secara tidak hormat. Hal tersebut sesuai UU No. 5/2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara).
Hal ini dijelaskan Kepala BKSDM Bulukumba, Andi Ade Ariyadi menyikapi kasus yang melilit kalangan ASN di Bulukumba. Menurutnya, sanski terberat tersebut diberikan jika dalam proses hukum MS dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan menyalahgunakan narkoba sesuai putusan pengadilan.
“Jika memang sudah inkrah dan divonis di atas dua tahun, maka akan dilakukan pemecatan dengan tidak hormat. Ini sudah jelas tertuang dalam undang-undang. Makanya kami lihat dulu berapa tahun vonisnya,” kata Ade dihubungi, Senin 12 Februari 2018.
Sebagai ASN yang kesandung kasus, lanjut Ade, saat ini besaran gaji yang diterimanya pun berkurang hanya 20 hingga 30 persen saja dari gaji pokok, sebab dianggap tidak melaksanakan tugas sebagai abdi negara. “Tentu gajinya pun berpengaruh, dulunya menerima seratus persen maka dipotong sekitar 70 persen karena dianggap tidak melakukan tugasnya sebagai aparatur,” paparnya.
Sementara itu, Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali mengungkapkan rasa keprihatinan terhadap ASN terlibat narkoba. Namun dia menegaskan, siapa pun yang terbukti terlibat menyalahgunakan narkoba harus diproses sesuai undang-undang yang berlaku.
“Siapapun itu orang jika terlibat narkoba harus diproses, apalagi tercatat sebagai ASN di Disdukcapil Bulukumba,” tegasnya.
Untuk meminimalisir kejadian yang sama, lanjut Sukri, Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan segera mengambil langkah-langkah pencegahan dan pemeriksaan kepada seluruh ASN melalui tes urine dan sebagainya. “Tentu kami akan mengambil langkah-langkah dalam pencegahan,” singkatnya. (nin/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!