Telan Rp 6 M, Pasar Rappoa Belum Difungsikan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Telan Rp 6 M, Pasar Rappoa Belum Difungsikan

Ilustrasi int
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Pasar Kelurahan Borong Rappoa, Kecamatan Kindang, yang yang dibangun sejak 2015 belum juga difungsikan hingga sekarang ini. Padahal pasar yang dibangun dari bantuan Kementerian Perdagangan RI ini menelan anggaran sebesar Rp 6 miliar.
Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali mengatakan, dirinya telah meninjau Pasar Borong Rappoa sejak tahun lalu saat pelaksanaan musrenbang tingkat Kecamatan Kindang. Namun pada musrenbang tahun ini, terungkap jika usulan pembangunan jalan menuju Pasar Borong Rappoa yang berada di belakang Kantor Camat Kindang tersebut belum dianggarkan di APBD pokok 2018. Padahal, idealnya, pasar tersebut sudah dimanfaatkan para pedagang.
“Sangat disayangkan belum dikerja. Tahun ini sudah harus dikerja, minimal anggarannya sudah harus masuk di APBD Perubahan,” pintanya saat menghadiri musrenbang tingkat Kecamatan Kindang yang dilaksanakan di Kantor Camat Kindang, Selasa, 13 Februari.
Camat Kindang, H. Andi Awaluddin mengatakan, jalan sementara dirintis menuju pasar berupa jalan lingkar sepanjang 800 meter. Namun kendalanya, jalan yang dirintis mengambil lahan masyarakat yang ditanami cengkih sekira 30 pohon. Ada jalur yang dapat dijadikan alternatif jalan lingkar di depan kantor kecamatan sepanjang 500 meter.
“Tapi cari jalan lain yang bisa jalurnya di belakang kantor camat sepaya tidak mengakibatkan kemacetan,” katanya.
Persoalan lainnya yang mengemuka pada musrenbang Kecamatan Kindang adalah Lingkungan Na’na yang masuk wilayah Kelurahan Borong Rappoa masih terisolir. Warga menilai Borong Rappoa belum layak menjadi kelurahan karena sejumlah lingkungan masih terisolir.
Dari sisi pembangunan infrastruktur dibanding desa disekitarnya, masih banyak jalan yang belum tersentuh. Padahal potensi sumber daya alam Na’na sangat besar. Selain kopi, Na’na juga memiliki pesona alam yang bagus, ada dua air terjun, salah satunya air terjun Pelangi.
Pada musrenbang tersebut, hadir Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki dan Ketua Komisi D Bulukumba, Muh. Bakti. (jar/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!