Demokrat Incar Kursi Ketua, Golkar Bertahan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Demokrat Incar Kursi Ketua, Golkar Bertahan

* Parpol Incar 20 Persen Kursi di DPRD

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Sejumlah partai melihat peluang lebih besar jika terjadi perubahan daerah pemilihan (dapil) di Bulukumba. Beberapa partai besar di memiliki target di atas 20 persen dari total 40 kursi di DPRD Bulukumba.
Ketua DPC Demokrat Bulukumba, Hj. Andi Murniati Makking mengatakan untuk Pileg 2019, pihaknya akan mengoptimalkan berapapun jumlah dapil di Bulukumba yang disepakati dari KPU RI. Jika empat dapil, dirinya menarget enam legislator Demokrat. Jika lima atau enam dapil maka legislator yang didorong delapan atau 20 persen dari 40 total kursi di DPRD Bulukumba.
“Ini wacana kita, kita tidak mungkin mendahului tuhan tapi yakin berusaha yang terbaik,” ujarnya.
Bukan hanya peningkatan jumlah legislator dari empat kursi, Murniati juga menargetkan kursi ketua DPRD nanti dari Demokrat. Selain jumlah kursi juga memperjuangkan jumlah suara partai. Untuk itu, Demokrat telah membuka pendaftaran caleg sejak beberapa waktu lalu.
Sementara Ketua DPD II Golkar Bulukumba, Andi Hamzah Pangki mengatakan, target Golkar di Pileg 2019 tidak terpengaruh jumlah dapil. Baik empat dapil atau menjadi lima dan enam dapil, dirinya tetap yakin Golkar dapat mendudukkan delapan sampai sepuluh legislator di DPRD Bulukumba.
“Kami tidak soal untuk perubahan dapil, tapi kalau berhitung pembangunan lebih banyak dapil lebih baik untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ujarnya.
Hamzah sendiri optimistis akan tetap mempertahankan kursi ketua DPRD dari Golkar. Dengan perolehan suara yang banyak mengikuti jumlah kursi di DPRD dan setiap dapil ditarget ada keterwakilan Golkar. Untuk pileg sebelumnya, Golkar mendudukkan enam kursi di DPRD.
Senada, Ketua DPC Partai Gerindra, Syahruni Haris tak kalah dalam strategi politik pada Pileg 2019. Gerindra yang masuk salah satu partai yang mengusulkan lima dapil dengan pertimbangan bertambahnya jumlah penduduk, mengincar sembilan kursi di DPRD Bulukumba dan mendudukkan satu orang dari Bulukumba di DPRD Sulsel.
Syahruni menguraikan, jika empat dapil target Gerindra delapan kursi dengan perhitungan dua kursi per dapil. Jika lima kursi maka jumlahnya dinaikkan satu digit dan enam dapil Gerindra menarget sepuluh kursi. Pileg sebelumnya, Gerindra mendudukkan empat kursi di DPRD.
“Formulasinya semakin banyak dapil maka semakin tinggi kualitas keterwakilan suatu wilayah, sehingga berdampak pada terpenuhinya aspirasi-aspirasi masyarakat,” ungkapnya.
Sebelumnya, KPU Bulukumba mengusulkan tiga opsi dapil ke KPU RI setelah melalui uji publik, empat dapil tetap pada formasi saat ini. Kemudian lima dapil yakni Gantarang-Kindang, Bulukumpa-Rilau Ale, Ujung Bulu-Ujungloe, Kajang-Herlang, dan Bontotiro-Bontobahari. Sedangkan enam dapil yakni Ujung Bulu-Ujungloe,  Kindang-Rilau Ale, Kajang-Herlang, dan Bontobahari-Bontotiro, Gantarang, dan Bulukumpa. (jar/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!