Program Seragam Sekolah Gratis NH-Aziz Demi Jamin Kesetaraan – Radar Selatan

Radar Selatan

Pilkada

Program Seragam Sekolah Gratis NH-Aziz Demi Jamin Kesetaraan

CALON Gubernur Sulsel, Nurdin Halid mempertegas komitmennya dalam menyediakan perlengkapan sekolah gratis bagi siswa di Sulsel. Baginya, hal tersebut tak hanya dimaknai dalam konteks ekonomis semata, melainkan pula dalam konteks sosiologis bagi masyarakat.

Pasangan Abdul Aziz Qahhar dalam Pilgub Sulsel ini menuturkan, pemakaian seragam bagi siswa di sekolah merupakan kebijakan yang tetap dibudayakan. Sebab, hal itu akan semakin mengokohkan rasa persatuan dan kesetaraan di antara siswa.

“Seragam sekolah ini bukan hanya untuk keseragaman antar siswa. Ini juga berpengaruh besar untuk menciptakan kesetaraan, keadilan, dan kedisiplinan,” ujarnya, Selasa, (20/2).

Alumni eks IKIP Ujung Pandang ini mengimbuhkan, seragam sekolah akan menjadikan siswa terlihat setara. Sehingga, latar belakang, khususnya kemampuan ekonomi keluarga siswa tidak mempengaruhi suasana akademik di sekolah. Kondisi ini dianggap tidak sesuai dengan iklim di negara-negara maju dengan taraf kesejahteraan masyarakatnya relatif tinggi.

“Ketika siswa memakai seragam, kita tidak lagi bisa membedakan yang mana dari keluarga kurang mampu dan kaya. Beda dengan di negara barat yang tidak usah pakai seragam karena tingkat kesejahteraannya sudah tinggi,” bebernya.

Dengan demikian, demi tetap merawat kesejahteraan sekaligus meringankan beban ekonomi bagi keluarga kurang mampu, pasangan tegas, merakyat, dan religius ini memprogramkan perlengkapan sekolah gratis. Hal ini, kata NH, sesuai dengan cita-cita negara dan amanat konstitusi yang harus dijalankan oleh pemerintah.

“Persoalan pendidikan dan perlengkapan sekolah gratis hingga menghilangkan pungutan di sekolah biarkan menjadi urusan gubernur dan wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati. Masyarakat silahkan menikmati haknya untuk mendapatkan pendidikan sebagai amanat UUD 1945,” tandasnya. (rls)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!