17 Siswa SD 329 Palambarae Keracunan Makanan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

17 Siswa SD 329 Palambarae Keracunan Makanan

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Sebanyak 17 siswa SD 329 Palambarae mengalami keracunan makanan pada Jumat 23 Februari dilarikan ke RSUD Andi Sultan Dg Raja Bulukumba.  Dugaan sementara keracunan makanan disebabkan sajian nasi kuning dari kantin sekolah.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bulukumba,  Handayani mengatakan, pihaknya memperoleh informasi tersebut setelah pukul 13.30 wita.  Setelah mendapat informasi, TIM Tim Gerak Cepat (GGC) respons Kejadian luar Biasa) Dinas Kesehatan Bulukumba langsung melakukan survey lokasi.

“Ia benar ada KLB keracunan makanan,” katanya sembari mengarahkan ke surveylans untuk data detail.

Discrit Surveilans Officer (DSO), Faizal Johr Pasar mengatakan, 17 korban 15 di antaranya dirawat di Rumah Sakit dan dua anak perawatan di rumah masing-masing.  Untuk saat ini kondisinya membaik setelah menerima penangann medis. Korban bahkan telah dipulangkan karena kesehatannya sudah mulai pulih.

“Saya ke lokasi di hari yang sama sisa lima dirawat dan sekarang sudah dipulangkan semua, ” ungkapnya.

Penganangan ke rumah sakit sendiri,  kata Johar diarahkan pihak sekolah mengingat faskes tersebut paling dekat dengan lokasi kejadian. Pada survey lapangan ditemukan dua warung yang menjual nasi kuning, namun korban yang paling banyak setelah mengonsumsi nasi kuning dari warung Sri.

“Kami sudah ambil sampelnya dan pengiriman besok ke BPOM untuk memastikan penyebabnya. Sampel dikirim untuk uji bakteri, ” katanya.

Dugaan keracunan akibat nasi kuning,  kata Johar disimpulkan usai korban menyantap nasi kuning. Dua hingga tiga jam berikutnya korban mengeluh pusing, mual dan sakit perut.

“Anak-anak kan kadang jajan sebelum masuk kelas ada yang jajan setelah SKJ dan juga di jam istirahat.  Jadi tidak sekaligus anak-anak berjatuhan,  ” tambahnya. (jar)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!