Bialo Tetapkan 38 Rencana Program Desa – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Bialo Tetapkan 38 Rencana Program Desa

GANTARANG,RADAR SELATAN.CO.ID  — Pemerintah Desa Bialo, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, menetapkan 38 program pada RKPDes (Rencan Kerja Program Desa). Program tersebut rencananya akan direalisasikan tahun ini melalui anggaran dana desa.
“Baru-baru ini kami melakukan penetapan RKPDes, ada 38 program yang diusulkan. Program-program tersebut inilah nantinya yang akan diasistensi,” kata Kepala Desa Bilao, Agusriadi Maula, Kamis 22 Februari.
Menurutnya, 38 program tersebut merupakan merupakan perwujudan dari beberapa bidang yakni, olahraga, pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan ekonomi serta program pembangunan infrastruktur.
“Program di bidang ekonomi seperti peningkatan perekonomian desa melaui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), bidang olahraga itu salah satunya adalah pengadaan lapangan olahraga. Termasuk infrastruktur berupa pembenahan jalan dan beberapa kegiatan-kegiatan lainnya,” jelasnya.
Agusriadi menambahkan, tahun ini Desa Bialo menerima anggaran dana desa sekira Rp 1,4 miliar sementara tahun lalu menerima anggaran sekira Rp 1,5 miliar. “Tahun ini ada penurunan, rata-rata desa begitu, karena memang DAU (Dana Alokasi Umum) kabupaten tahun ini juga turun,” terangnya.
Dikonfirmasi terpisah Kepala Bidang, Pemerintahan Desa,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bulukumba, Andi Uke Indah Permatasari, menegaskan, proses asistensi tidak bisa dilakukan sebelum penetapan RKPDes.
“Tahapannya seperti itu, harus penetapan RKPDes terlebih dulu, nanti setelah itu baru proses asistensi. Penetapan RKPDes saat ini sementara berlangsung di desa-desa,” jelasnya.
========

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!