Rp 100 Juta Anggaran Pengendalian Penyakit TB – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Rp 100 Juta Anggaran Pengendalian Penyakit TB

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Tahun ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba, mencatat sebanyak Rp 100.000.000 anggaran pengendalian dan pemberantasan penyakit Tuberkulosis Bacillus (TB) di Kabupaten Bulukumba.

Wakil Supervisor Program P2 TB Diskes, Arman mengatakan anggaran tersebut terbilang meningkat dari tahun sebelumnya yang sedikitnya hanya Rp 65 juta. Adapun sumber anggaran tersebut yakni dari APBD.

“Tahun 2017 lalu kami kelola anggaran penyakit TB sedikitnya Rp 65.000.000 dan melihat kondisi sekarang ini pasien TB capai kurang lebih 600 jiwa dan jumlah tersebut memerlukan biaya pengobatan yang cukup besar agar tidak terjadi penularan kepada masyarakat lainnya,” ungkapnya, Jumat, 23 Februari 2018.

Arman juga menjelaskan sebagai upaya penanggulangan penyakit menular dan mematikan, saat ini beberapa puskesmas telah melengkapi sarana dan prasarana penanggulangan penyakit TB, seperti menyediakan ruangan khusus atau tempat pengobatan khusus agar tidak terjadi penularan.

“Kami berharap agar masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan peran serta dalam hal menjaring penderita TB,” harapnya. (

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!