Pemekaran di Gowa Demi Kesejahteraan – Radar Selatan

Radar Selatan

Pilkada

Pemekaran di Gowa Demi Kesejahteraan

RADARSELATAN.CO.ID — Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar mendorong penataan dan pemekaran daerah sebagai cara yang rasional untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan daerah.

Rentang kendali pemerintahan yang menjadi semakin pendek, diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu, otonomi daerah juga dapat membuka ruang kreasi dan inovasi bagi daerah.

Hal itu diungkapkan Juru bicara NH-Aziz, M Natsir menanggapi masukan warga Kabupaten Gowa yang menyarakankan agar Sungguminasa, ibukota Gowa untuk naik tingkat menjadi kotamadya. Selanjutnya, dataran tinggi di Kabupaten Gowa pun diupayakan menjadi kabupaten.

“Pemekaran daerah, bisa jadi pilihan rasional-obyektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah. Termasuk membuka ruang kreativitas dan inovasi daerah,” ucap M Natisr.

Terkait pemekaran, kata M Natsir, syarat dalam Undang-Undang Nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah yang mengatur persyaratan pemekaran daerah perlu diimplementasikan secara tegas. Tujuannya agar adanya unsur politis di balik usulan pemekaran dapat ditekan.

“Saran dari masyarakat Gowa, kita tampung. Tapi perlu juga kami pertegas, niat NH-Aziz mengupayakan hal tersebut bukan karena unsur politis, tetap demi kesejahteraan masyarakat,” tegas M Natsir.

Sebelumnya, Nurdin Halid (NH) menyatakan akan memperjuangkan Sungguminasa untuk naik tingkat menjadi kotamadya. Akselerasi perekonomian dan pembangunan pada daerah itu diharapkan bisa lebih cepat.

“Beritahu rakyat Gowa, NH-Aziz ingin menjadikan Gowa sebagai kotamadya. Sudah pantas Sungguminasa menjadi kotamadya. Jadi bukan memekarkan Gowa, tapi jadikan satu kotamadya dan satu kabupaten,” kata NH belum lama ini. (rls)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!