Membandel, Penambang Ilegal Harus Dipidanakan !! – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Membandel, Penambang Ilegal Harus Dipidanakan !!

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Masih adanya tambang ilegal yang beroperasi di sejumlah wilayah, ditanggapi serius Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto. Dia meminta agar aparat kepolisan langsung mengambil upaya hukum bagi para pelaku.
Tomy menjelaskan, pada dasarnya pembentukan satgas tambang dibentuk dalam rangka melakukan langkah persuasif kepada pemilik tambang agar melakukan  pengurusan izin. Sayangnya, meski telah difasilitasi masih saja ditemukan penambang yang membandel dengan tidak mengindahkan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam pertambangan dan mekanisme dan prasyarat pertambangan.
Bahkan penertiban alat tambang dan surat pernyataan oleh penambang juga nyatanya tak memberikan dampak yang berarti. “Itulah sebabnya saat musrembang kemarin sudah ada kesepakatan antara bupati, kapolres, dandim, dan kajari bahwa penertiban tambang di masa mendatang tidak lagi pada ranah persuasif tapi sudah masuk pada penegakan hukumnya,” tegasnya.
Bahkan yang membuat geram, lanjut Tomy, para penambang ilegal tetap acuh meski pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup memfasilitasi pemilik tambang mengurus izin. Namun tetap banyak yang tidak serius dan mengindahkannya.
Menurutnya, tak ada lagi jalan lain bagi penambang ilegal selain dilakukan upaya hukum yang serius. Pasalnya pemberian kesempatan untuk mengurus izin, surat pernyataan dan penyitaan alat-alat berat tak memberikan efek jera, maka langkah selanjutnya adalah penegakan hukum
“Jadi sekali lagi arahan bupati kepada satgas, dan diamini oleh pak kapolres bahwa penertiban tambang ke depan sudah langsung pada penindakan hukum. Satgas tetap akan bekerja dan akan memberikan laporan kepada kepolisian jika masih ditemukan kegiatan penambangan illegal,” paparnya.
Sementara itu Ketua Tim Satgas Tambang Ilegal, Kompol Syafruddin mengakui adanya informasi soal adanya aktifitas pertambangan di Desa Manjalling, Kecamatan Ujungloe. Dia bernjanji segera melakukan penelusuran dan langkah hukum yang tegas.
Wakapolres Bulukumba ini jug mengaku, tak ada yang sulit dalam melakukan razia pertambangan. Hanya saja soal penindakan pada dasarnya tidak sepenuhnya di titik beratkan pada tugas kepolisian, tapi juga beberapa instansi terkait. Apalagi selama ini setiap kali dilakukan operasi belum ditemukan bukti kuat.
“Tapi ke depan kalau ada unsur pidana, yah satu-satunya harus memang upaya hukum. Tidak ada lagi kebijakan, apalagi penambang yang bandel dan sudah sebelumnya diberikan peringatan,” tegasnya.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!