Australia Lirik Investasi PLTB di Bulukumba – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Australia Lirik Investasi PLTB di Bulukumba

AM Sukri Sappewali Bupati Bulukumba
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Seminar energi terbarukan,  oleh Manteri Pertambangan dan Perminyakan, Perdagangan dan Hubungan Asia dari Pemerintah Australia Barat (WA), Bill Johnston MLA, di Makassar, membawa angin segar untuk Bulukumba. Australia berencana akan membangun kerja sama dengan pemerintah pusat dalam rangka pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Bulukumba.
Hal itu disampaikan, Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali, usai mengikuti seminar tersebut. Dia mengaku pembangunan PLTB memungkinkan akan dibangun di Bulukumba. Apalagi saat ini pihak terkait antara pemerintah Australia dan Kementerian ESDM, sedang melakukan study kelayakan di daerah Keluarahan Mario Rennu, Kecamatan Gantarang.
Sukri menambahkan, selain seminar yang dihadiri  Menteri Johnston, seminar tersebut turut di hadiri Direktur Umum Horizon Power, Frank Tudor. “Perusahaan Horizon Power adalah sebuah perusahaan penyedia pembangkit dan distribusi listrik terkemuka yang penuh inovasi dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan dan teknologi mikrogrid di daerah pedesaan dan pedalaman Australia Barat,”jelasnya, melalui via WhastApp, Senin 26 Maret 2018, kemarin.
Sukri menambahkan, sebagai salah satu daerah yang dilirik untuk investasi energi, pemerintah kabupaten akan siap memberikan dukungan. Menurutnya, pada dasarnya kehadiran PLTB sebagai sumber anergi alternatif tidak akan  merugikan lingkungan.
Penggunaan pembangkit listrik tenaga angin prinsipnya disebabkan sifatnya yang terbaru yang diyakini tak ada eksploitasi sumber energi, apalagi membuat sumber daya angin berkurang. Berbeda halnya penggunaan bahan bakar fosil yang lambat laun akan terus berkurang disebabkan tingkat kebutuhan yang tinggi.
“Tenaga angin merupakan sumber energi yang ramah lingkungan, penggunaannya tidak mengakibatkan emisi gas buang atau polusi yang berarti ke lingkungan. Saya kira ini harus kita sambut baik untuk menyiapkan energi di masa mendatang, dan berdasarkan survei sementara di Mariorennu memiliki kapastitas daya sampai 10.000 MW,” jelasnya.
Terakhir, Sukri mengatakan, untuk membangun PLTB tersebut tidak membebankan anggaran APBD, tetapi akan disokong full oleh pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM dan berkerja sama dengan Pemerintah Australia.
“Itu urusan pusat, biayanya sampai ratusan miliar. Kita hanya siapkan lahan, semoga bersyarat, karena manfaatnya untuk warga Bulukumba khsusunya sangat luar biasa. Seminar ini diikuti tiga bupati, saya (Bulukumba), Mamuju, dan Pangkep,” tutupnya. (fajar)
—-

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!