Hasil Seleksi Calon Komisioner KPU Diprotes – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Hasil Seleksi Calon Komisioner KPU Diprotes

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Hasil seleksi 18 besar komisioner KPU Bulukumba menuai protes dari pemuda Bulukumba yang mengatas namakan dirinya Aliansi Peduli Demokrasi. Diduga terjadi cacat administrasi sehingga proses dianggap tidak independen.

 

Aksi protes dilakukan dalam bentuk unjuk rasa berlangsung Selasa 27 Maret di Perempatan Teko. Secara bergilirang aktivis menyampaikan kekecewaan terhadap tim seleksi (timsel) dan berharap hasil saat ini dianulir. Soal persamaan nilai dari dua peserta yang berimbang yakni 49 namun pertimbangan timsel terkait keterwakilan perempuan sehingga menggugurkan calon lainnya.  Faktanya, terjadi kesalahan administrasi karena calon yang dimaksud adalah pria.

 

“Pada lembar pengumuman nyatanya adalah laki-laki yang kami anggap ini adalah pelanggaran dan cacat administrasi. Olehnya itu kami meminta timsel menganulir penetapan itu dan seleksi komisioner KPU diambil alih oleh provinsi,” ungkap koordinator aksi, Adi Tompel.

 

Orator lainnya,  Irwanto menegaskan, timsel harus menjelaskan indikator penilaian sehingga nasyarakat dapat meyakini proses berlangsung independen. Hasil saat ini menurutnya perlubdianulir dengan pertimbangan keterwakilan perempuan yang gugur sedangkan nilai perolehan peserta yang diloloskan dan digugurkan berimbang.

 

 

“Jika tidak dianulir kami menganggap ini adalah kekeliruan dan kecurangan dari timsel dan disinyalir ada permainan, ” katanya. (Jar)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!