Minimalisir Sabung Ayam, Papaji Bulukumba Akan Gelar Kontes Ayam Jago – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Minimalisir Sabung Ayam, Papaji Bulukumba Akan Gelar Kontes Ayam Jago

Komunitas Papaji Bulukumba

BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID –Paguyuban Penggemar Ayam Jago Indonesia (Papaji) Bulukumba berencana bekerjasama  dengan Dinas Pariwisata Bulukumba menggelar  kompetisi kontes  ayam jago di Bulukumba . Melalui even tersebut Papaji berharap bisa mengkikis judi  sabung ayam yang ada di masyarakat.

 

Ketua Papaji Bulukumba Andi Ady Mauragawali mengatakan, even ini nantinya  merupakan upaya untuk mempromosikan tempat wisata di Bulukumba.

 

“Tujuanya selain melestarikan warisan budaya nenek moyang, juga sebagai wadah bagi para penggemar ayam aduan  untuk menghidari perjudian,” katanya.

 

Dia mengakui bahwa selama ini masih ada pandangan negatif dari masyarakat karena kontes semacam ini masih dianggap sebagai ajang perjudian. Akan tetapi kontes yang diselenggarakan oleh Papaji murni non judi.

 

 

“Nantinya kaki ayam yang dikonteskan semua  dibungkus kakinya, sehingga tidak melukai. Disamping itu waktu juga dibatasi yakni 20 menit,” tegas Putra Andi Baso Mauragawali ini saat melakukan rapat di warkop Zakha Bulukumba selasa malam 28 Maret.

 

 

Sementara Penasehat Papaji Bulukumba Rudi   mengatakan kompetisi ini diikuti oleh Papaji dari sejumlah kota di sulsel .

 

“Setiap pagelaran memang sengaja kita siapkan hadiah yang besar agar menarik pecinta ayam menyalurkan hobinya di jalur yang benar,tapi jadwalnya kita masih akan bicarakan kedepanya dengan para pengurus Papaji Bulukumba” kata Rudi.

 

Dia menyatakan dalam setiap penyelenggaran Papaji juga selalu menyiapkan sistem yang memenuhi standart operasional prosedur (SOP) kejuaraan tarung.

 

“Dalam pertandingan, yang menentukan menang kalah adalah wasit,” tegas Rudi.

Dia menambahkan, bahwa Papaji  selain menambah saudara sesama pencinta ayam jago aduan juga mengusung misi untuk memajukan perekonomian masyarakat.

 

 

’’Anggota komunitas pencinta ayam jago petarung ini, banyak dari mereka yang berlatar pekerjaan PNS, pengusaha, Wiraswasta, Anggota Polri . (One)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!