Harian RADAR SELATAN, Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Harian RADAR SELATAN, Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga

Direktur Harian radar Selatan, sunarti sain saat memberikan sambutan dalam pembukaan pelatihan jurnalisme warga dihadapan puluhan peserta, Kamis 29 Maret 2018, di rumah makan dan warkop mattoanging

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif warga dalam dunia literasi. Harian Radar Selatan, menggelar pelatihan jurnalistik yang dibuka untuk umum.

Selain memperkenalkan dunia jurnalistik, peserta yang rata-rata dari Kepala Desa dan Staf Desa ini juga belajar tentang teknik penulisan berita dan cara memerangi informasi hoax. Pelatihan yang berlangsung sehari ini, digelar di Warkop Mattoanging, Kamis 29 Maret 2018.

 

 


Direktur Harian Radar Selatan, Sunarti Sain, dalam sambutannya, mengatakan, perlahan namun pasti, telah terjadi pergeseran yang sangat besar bagaimana masyarakat bisa mengakses informasi. Tidak hanya menjadi penikmat pasif, namun turut aktif memberikan informasi, bahkan menjadi bagian dari informasi yang berkembang di berbagai media.Seiring meningkatnya alur informasi, kerja-kerja jurnalistik kini tidak hanya dilakukan oleh awak media umum, namun masyarakat turut aktif melakukan pencarian hingga penyebaran informasi ke publik dimana masyarakat telah menjadi produsen dan juga konsumen informasi.

 

“Jurnalisme warga adalah semangat baru dalam menumbuh kembangkan dunia jurnalistik. Warga tidak lagi sebagai konsumen atau pembaca berita saja, namun juga sebagai penyampai berita yang ada di lingkungan atau komunitasnya,”jelasnya.

 

Sunarti Sain menjelaskan, pelatihan jurnalisme warga sengaja digelar, untuk memperluas jejaring Radar Selatan dalam mengakses informasi di masyarakat. Pasalnya, dengan jumlah reporter atau jurnalis Radar Selatan yang terbatas disadari tak bisa seluruhnya mencover daerah khususnya informasi yang ada di desa-desa. Sehingga keterlibatan, Kades dan stafnya maupun warga umum dalam pelatihan ini diharapkan akan mejadi lokomotif penggerak arus informasi yang ada di desanya masing-masing.

 

 

“Kita harus lebih banyak mengabarkan berita baik dari desa. Tujuannya apa?, agar warga di luar Bulukumba tertarik masuk di daerah kita. Informasi atau berita yang baik adalah yang mengedukasi, jadikan media sebagai sosial kontrol, namun tetap santun dalam mengabarkan, tidak membuat atau melakukan ujaran kebencian, mari kita bijak menggunakan sosial media,”ajak Sunarti Sain.

 

 

Terpisah, Fajar salah satu jurnalis Harian Radar Selatan, mengapresiasi keikut sertaan sejumlah kepala desa yang ada di Bulukumba. Hal itu dinilainya, sebagai bentuk sinergitas dalam rangka bersama membangun semangat literasi demi kemajuan Bulukumba di masa mendatang.

 

 

“Iman Al-Ghazali pernah berkata, jika kamu bukan anak raja atau anak ulama besar, maka jadilah penulis.Karena dengan menulis kita bisa jadi orang besar dan namamu akan dikenang banyak orang,”katanya.

 

 

Dalam acara tersebut, turut hadir Asisten III Pemkab Bulukumba, A Syamsul Mulhayat mewakili Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali, Alwi Hasan, Kabid Pembangunan dan Usaha Ekonomi Masyarakat, Dinas Masyarakat Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD),  Serta puluhan peserta, diantaranya, Kades Benteng Malewang, Amiruddin Hr, Kades Lonrong, Fahri Jalil, Kades Padangloang, Muh Rizal, dan sejumlah peserta dari lintas organisasi dan masyarakat umum. (Fajar)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!