Pegiat Literasi Buka Lapak Baca Karya Penulis Bulukumba – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pegiat Literasi Buka Lapak Baca Karya Penulis Bulukumba

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Sedikitnya 30 judul buku karya penulis Bulukumba yang dihadirkan pegiat literasi dari pengurus Gerakan Pemasyarakat Minat Baca (GPMB) Bulukumba pada lapak baca gratis di Lapangan Pemuda, Minggu, 1 April.

Pengurus GPMB Bulukumba, Ivan Kavalera mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang memperkenalkan kembali penulis Bulukumba kepada masyarakat dan juga berbagai pengetahuan terkait Bulukumba dan pemikiran orang Bulukumba. Sedikitnya 30 judul buku yang dipajang di lapak baca gratis dari belasan penulis di Bulukumba, seperti Demokrasi di Sarang Penyamun, Melankolia, Rumah Putih, Perempuan di Atas Pematang, Srikandi Pendidikan Dari Timur, Balada Sebuah Kursi, dan Jeraq Panggurangi.

“Ini hanya 15 persen dari keseluhan karya tulis dari penulis Bulukumba. Ada banyak lagi yang tidak sempat kami bawa, mungkin ke depannya akan lebih banyak lagi,” ujarnya.

Penulis Bulukumba, kata Ivan berada di kisaran 170 orang. Data tersebut berdasarkan kongres penulis Bulukumba 2017 dan itu terbanyak di bagian timur Sulsel. Penulis yang karyanya dipamerkan pada kesempatan itu di antaranya; Andi Mahrus Andis, Anis Kurniawan, Andika Mappasomba, Asrar Paturusi, Ramli Palammai, Alfian Nawawi, dan Gustiah.

“Di antara penulis yang kami maksud itu ada juga yang penulis artikel (kumpulan artikel), cerpen (kumpulan cerpen), mereka aktif menulis dan meskipun belum punya buku tunggal,” katanya.

Pengurus GPMB Bulukumba lainnya, Muhlis mengatakan, beberapa karya dari luar Bulukumba namun dalam tulisannya menangkat tentang Bulukumba dan tokoh Bulukumba. Karya-karya yang pajang itu semuanya tidak dibatasi dari tahun penulisan hingga gendre buku yang ditulis.

“Intinya yang menyangkut tentang Bulukumba dan karya orang Bulukumba,” tambahnya. (jar)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!