PPS Desa Pataro Rakor Pemutahiran DPS – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

PPS Desa Pataro Rakor Pemutahiran DPS

HERLANG, BULUKUMBA.CO.ID —  Menjelang Pilgub Sulsel,  Panitia Pemungutan  Suara (PPS)  Desa Pataro menggelar rapat koordinasi pembahasan terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dihadiri ketua dan anggota PPS, Petugas Pemutakhiran Data Pemilu Pemilih (PPDP), unsur pemerintahan desa,  BPD, kadus, tim masing-masing calon berlangsung di Balai Desa Pataro,  Senin,  2 April 2018.

 

 

Kepala Desa Pataro, Muhammad Basri B, dalam  sambutannya  menghimbau agar PPS jeli dalam mendata DPS sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Apalagi DPT sangat rawan dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk kepentingan politik.

“PPS juga harus menjaga arsip pendataan pemilih sebagai bahan pertanggungjawaban apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari,” ungkapnya.

 

Ketua PPS Desa Pataro, Jabal Nur, SP mengatakan, kondisi Desa Pataro hingga 2 April telah tercatat 1.790 orang dalam DPS dengan jumlah pemilih laki-laki 841 orang dan  perempuan 949 orang. Warga yang belum terakomodir dalam DPT dan belum memiliki data kependudukan dalam hal ini diharapkan dapat melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bulukumba.

 

“Karena persyaratan untuk menjadi DPT adalah memiliki e-KTP atau surat keterangan (suket)  perekaman e-KTP,” jelasnya.

 

 

Panwaslu Desa Pataro, Akmal Kurniawan membeberkan, dalam DPS terdapat beberapa nama yang ganda dan juga terjadi kesalahan alamat. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi PPS dan Panwaslu.

 

 

“Perbaikan data DPS akan dilaksanakan hingga pada tanggal 7 April 2018 dan penetapan DPT akan dilakukan setelah perbaikan DPS,” katanya.  (Jurnalisme Warga, Rifki Syahriah).

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!