Proyek Jembatan Bialo, Tipikor Akan Hadirkan Ahli Konstruksi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Proyek Jembatan Bialo, Tipikor Akan Hadirkan Ahli Konstruksi

Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali saat meninjau pembangunan jembatan muara bialo beberapa waktu lalu
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bulukumba, berencana akan mendatangkan ahli konstruksi terkait proyek pembangunan Jembatan Bialo. Hal ini dalakukan untuk mengetahui secara otentik kualitas kontruksi jembatan.
Kasat Reskrim Polres Bulukumba melalui Kanit Tipikor, Aipda Muh. Ali menegaskan, polisi serius menelusuri megaproyek yang telah menelan anggaran Rp 10 miliar tersebut. Saat ini pihaknya menunggu hasil pemeriksaan BPK dan kajian Gakin.
“Kan yang berhak menilai ini layak atau tidak atau sudah memenuhi standar kan yah saksi ahli, dalam hal ini ahli konstruksi yang paham betul soal konstruksi jembatan,” ujarnya di temui di kantornya, Senin 4 April 2018, kemarin.
Menurut Ali, pelibatan saksi ahli khususnya yang menyangkut konstruksi bangunan merupakan mekanisme yang harus dilalui dalam sebuah perkara. Dilibatkanya ahli konstruksi juga dalam rangka penguatan ada atau tidaknya indikasi kesalahan dalam proyek tersebut. Sehingga nantinya hasil pemeriksaan ahli akan menjadi dasar untuk pihaknya dalam melakukan proses hukum.
Hal lainnya, lanjut Ali, pada prinsipnya proyek fisik yang akan dikerjakan di atas lahan seharusnya yang pertama diselesaikan adalah persoalan lahan. Apalagi lahan yang digunakan milik masyarakat. Sehingga pada saat pekerjaan berlangsung tidak lagi terhambat karena persoalan ganti rugi lahan yang belum selesai.
“Kan proyek itu lambat dan pemberlakuan denda kepada kontraktor apakah sudah sesuai prosedur. Hal lainya kan sempat ribut, ternyata lahan yang digunakan untuk membangun jembatan itu masih bersoal karena belum sepenuhnya ada ganti rugi. Cuma kita masih berkoordinasi dulu khususnya Gakin, jadi masih tahap mencari data,”katanya.
Sementara itu, Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali, yang diminta tanggapan terkait proyek tersebut enggang berkomentar banyak. “Soal masalah hukum saya tidak bisa masuki, biarkan penegak hukum tangani dan menjalankan tugasnya,” singkatnya melalui WhastApp. (faj/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!