Percepatan Pengurusan Adminduk,Capil Sudah Sasar 29 Desa – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Percepatan Pengurusan Adminduk,Capil Sudah Sasar 29 Desa

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Untuk mempercepat pengurusan Adminduk (Administrasi Kependudukan) khususnya pengurusan akta lahir dan mengoptimalkan pengurusan akta kematian, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulukumba menerapkam sistem jempol (jemput bola).

Kepala Bidang Pencacatan Sipil, Disdukcapil Kabupaten Bulukumba Ambo Rappe menjelaskan, sejak diterapkannya layanan jempol 2017 lalu hingga Maret 2018 ini, Disdukcapil telah mendatangi 29 desa.

“Sudah ada 29 desa yang telah kami kunjungi, tiga di antaranya yakni Desa Bontomangiring (Kecamatan Bulukumpa), Desa Anrang (Kecamatan Rilau Ale) dan Desa Sipaenre (Kecamatan Kindang). Ke depannya kami akan mengoptimalkan pelayanan tersebut dengan melakukan pelayanan secara langsung di desa-desa yang belum kami jangkau,” katanya, Selasa, 3 April 2018.

Menurutnya, ada dua mekanisme dalam menerapkan sistem jempol tersebut yakni pemerintah desa atau kelurahan menyurat ke Disdukcapil, mekanisme yang kedua adalah kunjungan Disdukcapil sendiri berdasarkan hasil verifikasi tim operator kecamatan, pemerintah desa dan kelurahan.

“Cuma yang kami prioritaskan adalah desa-desa atau kelurahan yang menyurat. Dengan pertimbangan kalau menyurat sudah pasti mereka sudah siap untuk didatangi. Karena kami khawatir kalau tidak ada pemberitahuan sebelumnya, lantas kami berkunjung maka pelayanan tidak akan optimal,” jelasnya.

Ambo Rappe menambahkan, meski pelayanan adminduk yang dilakukan di desa-desa hanya dikhususkan untuk akta lahir dan akta kematian saja, tetapi Disdukcapil juga melakukan penyerahan E-KTP kepada warga yang telah melakukan perekaman namun belum mengambil E-KTP-nya.

“Jadi misalkan di desa yang kami kunjungi ada warganya yang telah melakukan perekaman namun belum mengambil E-KTP, maka kami serahkan pada saat pelayanan di desanya. Kami tegaskan juga bahwa pada saat pelayanan dengan sistem jempol tersebut tidak dilayani perekaman E-KTP,” tutupnya. (*)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!