Akibat Arus Pendek Listrik, Tiga Rumah Adat di Gowa Terbakar – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Akibat Arus Pendek Listrik, Tiga Rumah Adat di Gowa Terbakar

Keterangan Foto : Suasana kebakaran rumah adat di Kawasan Benteng Somba Opu. Damkar dan warga berusaha memadamkan api.
GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID – – Tiga rumah adat yang terletak di kawasan Benteng Somba Opu, Leko Boddong, Lingkungan Pattung, Kelurahan Benteng Somba Opu, ludes terbakar, pada hari Jum’at (6/4). Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Gowa Rostam Razak mengatakan, bahwa ketiga rumah adat yang terbakar itu yakni rumah adat Pangkep, rumah adat Sinjai dan rumah adat Polewali Mandar Sulbar.
“Berdasarkan keterangan saksi mata, api berasal dari rumah adat Pangkep, kemudian membakar dua rumah adat lainnya. Saat api mulai membesar, warga sekitar tidak dapat berbuat apa-apa sehingga rumah yang terbuat dari kayu itu habis dilalap si jago merah,” katanya.
Api juga sempat menjalar ke rumah adat Polman namun beberapa menit kemudian mobil pemadam kebakaran kodya Makassar sebanyak tiga unit datang dan berhasil memadamkan api tersebut. Sehingga rumah adat Polmas hanya terbakar pada bagian dapur dan api berhasil dipadamkan.
“Jadi saat armada Damkar Makassar mulai meninggalkan lokasi, tiba-tiba api muncul di rumah adat Sinjai dan langsung membesar pada bagian dapur dan atap sehingga pemadam kebakaran yang masih berada di lokasi kejadian langsung memadamkan api sehingga berhasil dipadamkan,” terangnya.
Menurutnya, penyebab dari kebakaran tersebut didugaan akibat arus pendek listrik dari rumah adat Pangkep.
“Beruntung tak ada korban jiwa, sebab saat kejadian itu penjaga rumah Labbang daeng Nuntung tak berada ditempat. Dan kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta,” pungkasnya. (*) Hendra.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!