Kopertis Restui STKIP jadi Univesitas – Radar Selatan

Radar Selatan

Bantaeng

Kopertis Restui STKIP jadi Univesitas

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Koodinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX merestui STKIP Muhammadiyah Bulukumba menjadi universitas. Restu berupa rekomendasi ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti).

 

Ketua STKIP Muhammadiyah Bulukumba, Jumase Basra mengungkapkan, rekomendasi tersebut diperoleh setelah dilakukan presentasi terkait progres perubahan status STKIP menjadi universitas. Namun dari sembilan jurusan baru strata satu (S1) yang diusulkan, hanya tujuh yang disetujui.

 

“Alhamdulillah kita sudah dapat rekomendasi dari kopertis, dan sekarang ini sementara pengajuan ke Kemenristekdikti,” terangnya.

 

 

Jumase menyebutkan, tujuh jurusan yang akan dibuka masing-masing biologi, sains aktuaris, kimia analisis, agribisnis, perencanaan wilayah kota, dan peternakan. Sementara dua jurusan lainnya, yaitu ilmu tanah dan kewirausahaan tidak direkomendasikan kopertis.

 

 

“Kami memohon dukungan seluruh pihak agar upaya kami menghadirkan perguruan tinggi bertaraf universitas bisa terwujud. Kalau ini terealisasi, maka Universitas Muhammadiyah Bulukumba merupakan yang pertama dan satu-satunya ada di wilayah selatan Sulsel,” ucapnya.

 

Dalam surat Kopertis Wilayah IX Nomor:2690/K9/KK.02/2018, tanggal 26 April 2018, STKIP Muhammadiyah direkomendasikan berubah bentuk dari STKIP menjadi universitas. Surat yang ditandatangani Koordinator Kopertis Wilayah IX, Prof. Jasurddin itu, ada empat indikator yang menjadi dasar pemberian rekomendasi sesuai Permenristekdikti No. 100/2016, tentang izin pendirian dan perubahan serta pembubaran perguruan tinggi.

 

 

Pertama, rekam jejak badan penyelenggara yang akan mendirikan PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Kedua, tingkat kejenuhan prodi yang akan dibuka PTS. Ketiga, tingkat keberlanjutan prodi yang akan dibuka oleh PTS jika diizinkan pemerintah. Keempat, bebas konflik internal PTS di tingkat badan penyelenggara. (man)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!