KPU Terget Partisipasi Pemilih 80 Persen – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

KPU Terget Partisipasi Pemilih 80 Persen

BULULUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Komisi Pemilihan Umum Bulukumba, menargetkan peningkatan partisipasi pemilih pada Pilgub Sulsel 2018. Penyelenggaran pemilu ini menargetkan peningkatan pemilih hingga 80 persen.
Komisioner KPU Bulukumba, Hasanuddin Salassa, mengatakan terget tersebut bukan tanpa alasan. Adanya sistem baru dimana KTP elektronik (KTP-el) wajib dibawa pada saat pemilihan dinilai akan lebih rill terkait hitungan jumlah partisipasi suara.
“Kita telah melakukan sosialisasi dan menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi kemasyarakatan agar tingkat partisipasi pemilih bisa meningkat pada pilkada yang digelar tahun ini,” terangnya.
Hasanuddin mengungkapkan, partisipasi pemilih pada pilkada lalu diangka 74 persen.  Pada pilkada tahun 2018, kata dia, pelaksanaan pilkada serentak tahun ini ditargetkan bisa meningkat hingga 78 persen untuk skala Sulsel.
“Di Bulukumba kita upayakan sampai 80 persen,” tegasnya.
Menurutnya, KPU Bulukumba terus melakukan sosialisasi dan edukasi. Dengan melibatkan petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk membantu melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) di setiap rumah warga.
“Hal ini untuk memastikan jumlah keluarga yang memiliki hak pilih, siapa yang sudah meninggal, yang lulus di kepolisian dan TNI, atau anggota keluarga yang sudah pindah, agar dicoret dari daftar pemilih,” jelasnya.
Selanjutnya, setelah dilakukan simulasi pemilih, dalam waktu dekat ini sosialisasi ajakan pemilih akan dilakukan dengan menggunakan kendaraan secara mobile ke daerah-daerah yang ada di kecamatan. “Termasuk melibatkan relawan demokrasi dan meminta parpol untuk bersama-sama mengajak warga untuk menggunakan hak pilihnya,” ujarnya. (faj/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!