Tingkatkan Motivasi, Sembilan Desa Di Gowa Ikut Lomba Desa 2018 – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Tingkatkan Motivasi, Sembilan Desa Di Gowa Ikut Lomba Desa 2018

Priska Paramitha Adnan, saat berkunjung ke beberapa Desa yang ada di Kabupaten Gowa.

GOWA, RADAR SELATAN.CO ID –Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan motivasi desa, sebanyak sembilan ikut memeriahkan Lomba Desa 2018 yang saat ini mulai menjalani proses penilaian untuk tingkat Kabupaten Gowa. Proses penilaian telah terlaksana sepekan lalu dan saat ini hasil penilaian di sembilan desa digodok oleh tim penilai guna melakukan penetapan untuk peringkat.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan lomba desa yang diselenggarakan setiap tahun secara berjenjang yang dilaksanakan dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan motivasi desa memberdayakan berbagai sektor kehidupan masyarakat desa yang meliputi sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, kamtibmas, partisipasi, kelembagaan masyarakat, administrasi pemerintahan desa dan pemberdayaan perempuan. Indikator penilaian lomba desa ini termaktub dalam Permendagri No 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

” Ada tiga bidang yang dievaluasi yakni bidang pemerintahan desa meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas desa serta pelestarian adat dan budaya. Bidang kewilayahan desa meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggao siaga bencana serta pengaturan investasi dan bidang kemasyarakatan desa meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, PKK, keamanan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat,” beber Priska Paramita Adnan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gowa, Muh Asrul mengatakan bahwa, dari sembilan desa yang menjadi peserta lomba desa tahun 2018 akan keluar empat desa peringkat besar.

“Iya dari sembilan desa yang telah kita nilai itu akan kita tetapkan empat desa terbaik dan akan dinilai lagi untuk klasifikasi juara 1,2,3,4 dan yang juara 1 yang akan mewakili Gowa ke lomba desa tingkat provinsi pada Juli 2018 nanti,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (18/5).

Sembilan desa yang tahun ini menjadi peserta lomba desa yakni Desa Je’netalala (Kecamatan Pallangga), Desa Bone (Kecamatan Bajeng), Desa Bontolangkasa (Kecamatan Bontonompo Selatan), Desa Bontolempangang (Kecamatan Bontolempangang), Desa Datara (Kecamatan Tompobulu), Desa Belapunranga (Kecamatan Parangloe), Deda Kanjilo (Kecamatan Barombong, Desa Mata Allo (Kecamatan Bontomarannu) dan Desa Bolaromang (Kecamatan Tombolopao).

“Saat ini kesembilan desa itu menjalani proses penilaian dan Senin lusa kami (tim penilai) baru akan melakukan rapat untuk penetapan rangking satu sampai sembilan dan kemudian menetapkan empat besar,” kata Muh Asrul lagi.

Dijelaskannya, rata-rata desa yang diikutkan adalah yang pernah dapat juara lomba desa baik di tingkat kabupaten dan provinsi. Seperti Bontolempangan dan Datara itu sudah pernah juara di tingkat provinsi pada beberapa tahun lalu.

“Kenapa desa-desa itu ikut lagi, yah karena kepesertaannya itu kan sudah lama dan kepala desanya sudah berganti sehingga tentu kondisi desanya akan berbeda dengan sekarang,” jelas Muh Asrul.

Asrul menambahkan,  setiap tahun lomba desa ini dilakukan sekaligus menjadi evaluasi sejauhmana penerapan-penerapan aturan yang ada di desa apakah sudah jalan dan kalau sudah jalannapa sudah ada perkembangan atau tidak. (*) Hendra.

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!