APBD Bulukumba Alami Defisit Rp 8 Miliar – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

APBD Bulukumba Alami Defisit Rp 8 Miliar

REPORTER: RAKHMAT FAJAR – ANJAR S MASIGA
EDITOR: SUPARMAN
BULUKUMBA, RADAR SELATAN .CO.ID — Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bulukumba tahun ini mengalami defisit hingga Rp 8 miliar. Hal ini disebabkan sejumlah target penerimaan yang tidak sesuai dengan perencanaan.
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengungkapkan, kondisi tersebut tejadi terjadi karena sistem penganggaran dari tahun sebelumnya menganut kebijakan penganggaran yang bersifat defisit. Hal itu berlangsung sejak tahun sebelumnya.
“Perencanaan belanja kita lebih besar dibanding penerimaan kita. Ini juga disebabkan adanya beberapa target pendapatan yang tidak sesuai dengan rencana seperti pendapatan dari sektor pajak dan retribusi yang tidak sesuai,” jelasnya, Jumat pekan lalu.
Kebijakan anggaran defisit, kata Tomy, sudah diketahi sajak awal dan disepakati bersama DPRD dalam penetapan APBD. Faktor lainnya, adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) dari dari pemerintah pusat tidak dapat dicairkan padahal sudah dikerjakan oleh rekanan.
“Maka mau tidak mau ini harus ditanggulangi oleh pemda dari dana DAU (Dana Alokasi Umum),” ujarnya.
Upaya yang dilakukan pemkab memantau ketat defisit anggaran, kata Tomy, dengan menggenjot sektor pendapatan agar lebih optimal. Termasuk juga melakukan prioritasi pembangunan sehingga anggaran yang ada bisa lebih efektif dan efisien.
Terpisah, Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki, membenarkan terjadinya defisit anggaran berdasarkan hasil kajian yang dilakukan legislatif. Meski begitu, angka tersebut jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp 30 miliar. Kondisi tersebut akibat besaran belanja yang tak diimbangi dengan pemasukan, seperti tidak maksimalnya PAD.
“Yah salah satu untuk menutupi itu, yah PAD harus kita genjot di segela lini dengan berdasarkan aturan yang ada. Tapi ini sedikit dan kita masih bisa bayar utang daerah,” singkatnya.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!