Lagi, Polisi Tertibkan Tambang Ilegal di Manjalling – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Lagi, Polisi Tertibkan Tambang Ilegal di Manjalling

Petugas menemukan aktivitas penambangan ilegal di Dusun Kailie, Desa Manjalling, Kecamatan Ujungloe, belum lama ini. Empat orang diamankan bersama barang bukti di Mapolres Bulukumba.
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Untuk kesekian kalinya, Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Bulukumba kembali menertibkan aktivitas tambang ilegal di Desa Manjalling, Kecamatan Ujungloe. Petugas berhasil mengamankan buruh dan beberapa peralatan tambang di lokasi.
Wakapolres Bulukumba, Kompol Syarifuddin menjelaskan, penertiban tersebut sebagai tindak lanjut dari laporan warga setempat. Dalam operasi tersebut, petugas menemukan aktivitas pertambangan ilegal di dua lokasi berbeda di Dusun Kailie. Satu lokasi diduga dikelola warga bernama Nassullah alias Pallangga.
“Dilokasi ini kita temukan satu unit mesin rudal dan satu unit alkom. Selanjutnya kita sita dan diamankan pula dua orang sopir beserta mobil truk yang sementara memuat pasir, masing-masing Mansur dan Nasir,” ungkapnya, Senin 21 Mei 2018, kemarin.
Lokasi kedua, lanjut Syarifuddin, diduga milik warga bernama Caring yang dikelola oleh Pudding. Di lokasi ini petugas menemukan dua unit mesin rudal, dua unit alkom serta dua orang buruh yang sementara melakukan aktifitas penambangan, masing-masing Hardi dan Muhlis.
“Keempat orang ini kita amankan dan dilakukan pemeriksaan di Unit Tipiter, kemudian dikembalikan setelah dilakukan introgasi. Sementara barang bukti secara keseluruhan diamankan di Polres Bulukumba untuk kepentingan penyelidikan,” jelas ketua Tim Satgas Tambang Kabupaten Bulukumba ini.
Syarifuddin menegaskan, akan memproses hukum para pelaku, khususnya mereka yang secara sengaja mengindahkan larangan melakukan aktivitas penambangan ilegal secara berulang. “Jadi yang kita amankan hanya buruh dan sopir, kita baru akan memanggil pemiliknya. Jika terbukti, yah kita proses. Kalau untuk peralatannya kita sita. Jadi tak ada lagi aktifitas, akan terus kita kontrol di lokasi tambang,” ujarnya. (faj/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!