Bupati Temukan Modus Baru Untuk Menurunkan Partisipasi Pemilih Di Gowa – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Bupati Temukan Modus Baru Untuk Menurunkan Partisipasi Pemilih Di Gowa

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan kembali menemukan modus baru bagi kelompok atau person yang ingin menurunkan angka partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa menjelang Pilgub Tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Hal itu diutarakan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat melakukan safari ramadan di Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Selasa (22/5/2018) malam.

“Mudus minjam KTP sudah kita temukan dibeberapa Kecamatan, terakhir kemarin kita temukan di Lambaselo, Kemudian ada di Barombong, ada di Bontonompo, ada juga di Bajeng,” tuturnya.

Menurutnya, modus itu dilakukan seolah-olah menjanjikan hadiah atau doorprice kepada pemilik KTP tersebut. Bahkan ada juga yang tidak meminjam KTP, tapi mencatat Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Ini sudah kita dapati beberapa, ini yang kita tidak tau, pengumpulan-pengumpulan seperti ini menjelang pemilihan Gubernur tentu harus kita waspadai, apa motif dibalik itu?,” terangnya.

Ia menambahkan, adanya kejadian seperti itu yang ditemukan dilapangan, iapun tetap waspada, sebab tujuan pemerintah, kata dia, agar partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa meningkat.

“Pemerintah tentu bantu KPU, karena ukuran keberhasilan utama keberhasilan pelaksanaan pemilihan itu dilihat dari angka pertisipasi pemilih, biar bagus persiapan pelaksanaan, tapi partisipasi pemilih menurun, sama saja bilang gagal,” papar Adnan Purichta Ichsan.

Untuk itu, Adnan Purichta Ichsan menyarankan kepada warganya agar tidak memberikan KTPnya kepada siapapun.

“Kalau ada yang datang meminta KTP dengan alasan tidak jelas, jangan diberikan, sebab kalau diberikan KTPnya, maka hak suara anda tidak bisa digunakan saat pencoblosan,” tuturnya.

Bahkan, Adnan mencontohkan, jika KTP sudah ada ditangan seseorang, dengan tujuan agar pemilik KTP tidak dapat mempergunakan hak pilihnya agar partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa menurun, itu bisa saja dikembalikan setelah pencoblosan selesai.

“Jadi kalau KTP anda sudah diambil, bisa saja itu baru dikembalikan setelah pemilihan berlangsung, itu kita yang dirugikan dan negara yang dirugikan, karena kita sudah dibiayai negara untuk memilih,” katanya.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menjelang Pilgub gencar mengajak masyarakat untuk datangnya memilih ke TPS dengan tujuan agar partisipasi pemilih semakin meningkat.

“Ini tujuannya agar partisipasi pemilih di Gowa meningkat, karena Kabupaten Gowa akan dijadikan Kabupaten sebagai percontohan demokrasi di Sulawesi Selatan,” pungkasnya. (*) Hendra.

Keterangan Foto : Suasana kunjungan safari ramadan yang dilakukan Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!