Mengalami Banyak Kerusakan, Bupati Gowa Setuju Gunung Bawakaraeng Di Heritage – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Mengalami Banyak Kerusakan, Bupati Gowa Setuju Gunung Bawakaraeng Di Heritage

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID –Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memberikan dukungan kepada Forum Intelektual Selatan Sulawesi (FISS) untuk mengheritage atau mempertahankan serta melestarikan Gunung Bawakaraeng yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

 

Dukungan ini diungkapkan Bupati Gowa saat menggelar rapat dan diskusi bersama dengan pihak FISS di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (21/5).

Menurutnya, kerusakan gunung Bawakaraeng tidak bisa lagi dibendung. Jika kerusakan itu dipersenkan, maka sekitar 55 persen gunung itu sudah rusak.

“Kerusakannya sudah cukup parah, makanya saya setuju 100 persen jika suatu saat gunung Bawakaraeng di heritage,” katanya.

Meskipun memberikan dukungannya, Adnan mengaku belum bisa mengambil kebijakan tanpa ada landasan hukum dalam hal regulasi, karena regulasi yang mengatur tentang gunung Bawakaraeng belum ada.

“Sejak saya jadi Bupati, belum ada regulasi khusus yang mengatur tentang gunung Bawakaraeng. Untuk itu saya meminta agar persoalan ini di kaji kembali, dan jika memang dibutuhkan untuk dimasukkan ke Peraturan Daerah (Perda) maka akan dimasukkan, namun jika tidak maka yang digunakan adalah Peraturan Bupati (Perbub),” ungkapnya.

Sementara itu, pemerhati gunung Bawakaraeng yang menyampaikan usulan untuk mengheritage gunung Bawakaraeng, Nevy James mengatakan, bahwa salah satu jalan untuk tetap menjaga dan melestarikan gunung Bawakareang adalah mengheritagekannya.

Nevy menyebutkan, salah satu alasan dirinya mengusulkan untuk mengheritagekan gunung Bawakareang karena banyaknya pendaki yang tidak bisa menjaga dan melestarikan gunung dan semakin lama akan terus bertambah

“Tingkat kerusakan fisik gunung Bawakaraeng sudah mencapai 45 persen lebih, dan secara bon fisik sudah jatuh. Jika di heritage maka akan banyak program budaya yang termasuk melakukan riset dari tumbuhan yang bisa dijadikan obat dan semamacamnya,” tuturnya.

Untuk itu, Nevy berharap masyarakat pada umumnya dan para pendaki lebih khusus agar sadar dalam menjaga kelestarian hutan di gunung Bawakaraeng.

 

Saat ini, pihaknya juga telah membuat tanda tangan petisi dalam rangka menyetujui agar gunung Bawakaraeng di haritage melalui chenge.or yang saat ini telah mencapai 8.636 orang yang bertandatangan. (*) Hendra.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!