Tingkat Kualitas Hidup Dalam Keluarga, Pemkab dan PP-PA Gowa Canangkan Program Puspaga – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Tingkat Kualitas Hidup Dalam Keluarga, Pemkab dan PP-PA Gowa Canangkan Program Puspaga

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham.

GOWA, RADAR SELATAN.C0.ID –Dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarkat menuju keluarga sejahtera, pemerintah kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) mencanangkan program Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga).

Program Puspaga ini merupakan program pusat yang dicanangkan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan menjadi program wajib yang diterapkan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Ketua Puspaga Kabupaten Gowa, dr Gaffar menjelaskan, bahwa saat ini Puspaga di Gowa baru dalam tahap sosialisasi ke masyarakat, akan tetapi sudah ada beberapa kegiatan yang telah dijalankan, salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan Puskesmas Pallangga yang dimulai tahun 2018 ini.

Menurutnya, program Puspaga ini dimaksudkan untuk dilakukan pendampingan dan penanganan baik itu konseling dan parenting lalu dilanjutkan pemeriksaan kesehatan jika ada keluarga yang lagi bermasalah.

“Jadi fungsinya memang untuk pembelajaran bagi keluarga mulai dari yang mau menikah sampai lansia,” jelas dr Gaffar yang juga Kepala Puskesmas Pallangga ini.

Dijelaskannya, dalam program ini pihaknya mulai melakukan pembinaan diawal yakni sebelum menikah (bagi warga calon pengantin). Kemudian screening  kesehatan dengan program Lionti Catin (lembaga informasi calon pengantin) atau edukasi kehidupan rumahtangga yang dilakukan oleh KUA Pallangga bersama Puskesmas. Dan ini ada MoU-nya. Kemarin lalu Komisi IX DPR RI dengan jajaran Kemenkes sudah meninjau pelaksanaan.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah kabupaten Gowa terhadap program Puspaga dengan melakukan kerjasama dengan Puskesmas Pallangga,” jelasnya.

Saat ini program yang dikembangkan Puspaga dengan Pemerintah Kecamatan Pallangga antara lain Ommale 1000 Hari Pertama Kehidupan (Optimalisasi Masyarakat Layak Anak) yang bersinergi dengan program Dialog Hati yang merupakan program buatan Pemerintah Kecamatan Pallangga.

“Jadi program Ommale ini mensosialisasi pentingnya 1000 hari pertama kehidupan dengan mengawal kehidupan pertama sejak anak-anak sampai tumbuh dewasa dan menjadi calon pengantin sehingga mereka  bisa unggul saat menjadi satu keluarga,” jelasnya lagi.

Gaffar menambahkan, selain bekerjasama dengan Puskesmas Pallangga, Puspaga juga bekerjasama dengan Pashmina Nasyiatul Aisyiyah dalam pembinaan kesehatan remaja yang dilakukan pada Maret lalu di MTs Muhammadyah Lempangan Limbung, Kecamatan Bajeng.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham  mengatakan, bahwa Puspaga adalah satu wadah pembelajaran untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera yang dilakukan oleh tenaga profesi melalui peningkatan kapasitas orangtua/keluarga atau orang yang bertanggung jawab terhadap anak.

“Sasaran program ini adalah orangtua dimana perannya menjalankan tanggung jawab mengasuh dan melindungi anak sehingga tercipta kebutuhan kasih sayang kelekatan, keselamatan dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan demi kepentingan terbaik anak, termasuk perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah dan penelantaran,” jelas Kawaidah.

Menurutnya, ada lima prinsip yang mengatur operasional program tersebut yakni pertama yakni non diskriminasi, kedua yaitu kepentingan terbaik bagi anak dan keluarga, ketiga yakni hak hidup, kelangsungan hidup, dan perkembangan, keempat adalah menghargai pandangan anak, dan kelima yakni layanan tersebut mudah diakses dan cepat dalam mendapatkan pelajaran, pendidikan, konseling dan solusi keluarga sejahtera. (*) Hendra.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!