Polres Gowa Gelar Simulasi Pengamanan PPS – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Polres Gowa Gelar Simulasi Pengamanan PPS

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID -Dalam rangka memantapkan persiapan menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 27 Juni mendatang, Polres Gowa menggelar kegiatan simulasi rekapitulasi hasil perolehan suara pada penyelenggaraan Pilkada, Jumat (01/06).

Kegiatan simulasi yang dipimpin langsung Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi tersebut, turut dihadiri oleh anggota KPU, Panwaslu, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) Kabupaten Gowa.

Adapun simulasi ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan wawasan kepada para penyelenggara pemilu terkait gambaran dan mekanisme tentang pelaksanaan tahapan rekapitulasi suara, mulai dari tingkat kabupaten, tingkat kecamatan hingga tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara).

Simulasi pun dibuat semirip mungkin dengan yang sebenarnya dengan menghadirkan setiap komponen serta sarana dan prasana pada tahap tersebut untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Sebagaimana yang diketahui bahwa yang menjadi gudang penyimpanan kotak suara yakni pada kantor PPK yaitu kantor kecamatan.

Gudang penyimpanan kotak suara merupakan area yang sangat terbatas. Sehingga personil yang melakukan pengamanan diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal.

“Siapapun yang ingin masuk ke dalam kantor PPK, agar personil dapat memberikan pemahaman bahwa selain yang berkepentingan dilarang untuk masuk selama logistik kotak suara masih ada di tempat tersebut,” terangnya.

Adapun yang menjadi penekanan untuk diperhatikan saat pelaksanaan rekapitulasi hasil perolehan suara, yakni jumlah kertas suara tersebut harus sama dengan jumlah daftar hadir (lembar C7 KWK) yang ada.

“Bila terjadi penambahan atau pengurangan dan tidak sesuai dengan rekapitulasi yang dilakukan di TPS, berarti ada kecurangan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kapolres memberikan arahan dan masukan kepada personil sebagai bekal saat melaksanakan pengamanan nantinya serta memberikan perintah tegas agar tidak segan untuk melakukan penegakan hukum.

“Bila menemukan kecurangan, jangan segan-segan lakukan penegakan hukum,” tegasnya.

Kapolres juga berharap melalui simulasi ini, dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan personil dan penyelenggara pemilu nantinya untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan damai di Kabupaten Gowa.

“Bagaimanapun penyelenggara pemilu harus bisa fokus dan netral dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya. (*) Hendra.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!