Jangan Golput, Tingkatkan Kualitas Demokrasi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Jangan Golput, Tingkatkan Kualitas Demokrasi

REPORTER: RAKHMAT FAJAR
EDITOR: SUPARMAN
BULUKUMBA, RADAR SELATAN .CO.ID — Rabu 27 Juni hari ini, masyarakat Sulawesi Selatan disuguhkan pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) serta pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati/walikota. Momentum ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menentukan kualitas demokrasi khususnya di Sulsel.
Hal ini disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, Uslimin sehari menjelang pecoblosan, kemarin. Dia berharap masyarkaat yang telah masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan mendapatkan surat panggilan tidak menyia-nyiakan hak pilihnya.
Menurutnya, dengan ikut memilih, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap perbuhan di daerahnya. “Kami berharap masyarakat memperhatikan apakah sudah terdaftar di DPT, termasuk mempersiapkan KTP elektroniknya dan surat keterangan memilih,” ujarnya.
Menurut Uslimin, sikap apatis atau pengabaian terhadap hak pilih dinilai akan berdampak pada kulitas demokrasi. Bahkan termasuk tidak mensyukuri hak demokrasi yang diberikan oleh negara.
Untuk itu, mantan jurnalis senior ini mengajak masyarakat Sulsel menggunakan hak konsitusionalnya di pesta demokrasi lima tahunan ini. Saling mengajak ke TPS menentukan pilihan dari seluruh paslon yang berlaga di masing-maisng daerah.
“Kita berharap masyarakat jangan cuek ya, tanggal 27 Juni agar diperhatikan agar kita masing-masing ke TPS,” serunya.
Soal pilihan, lanjut pria yang akrab disapa Usle ini, sepenuhnya diserahkan kepada masyarakat. Namun yang terpenting partisipasi masyarakat untuk menggukanan hak pilihnya dengan datang ke TPS dan mencoblos.
“Kita target pemilih di Sulawesi Selatan di atas 80 persen,” tutupnya.
Senada, Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali menjelaskan, hak pilih warga negara dalam pemilihan umum adalah salah satu hal yang sangat substansi dalam perkembangan demokrasi. Pemilu sebagai lembaga sekaligus praktik politik menjadi sarana bagi perwujudan kedaulatan rakyat sekaligus sebagai sarana kepentingan warga negara untuk menentukan pemimpinya.
Sehingga bagi Sukri, tak ada alasan bagi masyarakat yang telah bersyarat untuk tidak menggunakan hak pilihnya sebagai bentuk partisipasi dalam meningkatkan kualitas demokrasi.
“Silahkan memilih dari seluruh calon yang berkompetisi di Pulgub Sulsel. Tanggal 27 Juni besok adalah penentuan masa depan Sulsel lima tahun ke depan. Mari mejadi bagian perbubahan. Ajak sanak keluarga teman dan sehabat untuk datang ke TPS besok (hari ini, red,” ajaknya. (*).

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!