Real Count KPU, NA-ASS Melejit, Tim Rival Ungkap Keunggulan NA di Bulukumba – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Real Count KPU, NA-ASS Melejit, Tim Rival Ungkap Keunggulan NA di Bulukumba

MAKASSAR, RADAR SELATAN.CO ID– Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis hasil real count sementara Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018. Hasilnya, perolehan suara sementara pasangan calon nomor urut 3, Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) unggul jauh meninggalkan tiga paslon lainnya.
Seperti yang dilansir dari laman resmi KPU (infopemilu.kpu.go.id) pukul 13.00 Wita, Kamis 28 Juni kemarin, suara total yang terkumpul telah mencapai 63,90 persen. Paslon Prof Andalan berada di posisi puncak dengan perolehan sementara 1.151.315 suara atau 43,10 persen.
Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 1, Nurdin Halid-Azis Qahhar Mudzakkar (NH-Azis) dengan perolehan sementara 703.591 suara atau 26,34 persen. Kemudian di posisi ketiga pasangan nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzakkar (IYL-Cakka) dengan perolehan 572.908 suara atay 21,45 persen.
Sementara di posisi buncit ditempati pasangan nomor urut 2, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) dengan perolehan 243.359 suara atau 9,11 persen.
Diketahui, 63,90 persen suara masuk mencatat sebanyak 10.506 TPS yang telah terlapor dari 16.442 TPS se Sulawesi Selatan. Tercatat suara total yang masuk sebanyak 2.705.913, sedangkan suara sah 2.666.910, dan tidak sah alias batal 41.396 suara.
KPU sendiri masih terus mengumpulkan data hasil perolehan suara untuk seluruh TPS di Sulsel. Artinya, data perolehan suara tersebut kemungkinan masih dapat berubah untuk masing-masing paslon.
Menanggapi kemenangan sementara pasangan NA-ASS, tim pemenangan paslon lainnya pun memberikan sejumlah komentarnya. Ketua DPC NasDem Bulukumba, Tomy Satria Yulianto misalnya, yang mengakui keunggulan NA-ASS di bandingkan calon lainnya khususnya di Kabupaten Bulukumba.
Kepada RADAR SELATAN, Tomy yang juga wakil bupati Bulukumba mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan NA-ASS unggul di Bulukumba. Salah satunya kondisi geografis, mengetahui Nurdin Abdullah (NA) berasal dari Kabupaten Bantaeng yang memang masih serumpun dengan Bulukumba.
“Iya kompleks, saya melihatnya figur NA lebih dikenal di Bulukumba. Secara geografis Bulukumba dan Bantaeng yang tidak berjauhan yang membuat masyarakat lebih percaya menjatuhkan pilihan ke NA,” ungkap tim pemenangan NH-Azis ini saat dihubungi, Kamis 28 Juni 2018, kemarin.
Hal serupa juga disampaikan Ketua DPC PKB Bulukumba, Fahidin HDK. Meski jagoannya NH-Azis figur yang cukup disukai di Bulukumba, namun ada faktor pembeda yang lebih dibandingkan NA. Faktor yang paling dominan adalah adanya hubungan emosional lantaran kedekatan wilayah dan pengaruh kekeluargaan.
“Buktinya hampir banyak pesta perkawinan dan hajatan lainnya di datangi NA di Bulukumba,” jelasnya.
Selain itu, lanjut Fahidin, masyarakat Bulukumba melihat bukti kinerjanya selama dua periode memimpin Bantaeng. Belum lagi opini publik tentang NA selama tiga tahun terakhir telah terlanjur meyakinkan masyarakat sebagai salah satu bupati terbaik khususnya di Sulsel.
“Kampanye secara langsung melalui tatap muka dengan masyarakat lebih intens. Meski usungan kami juga sering ke Bulukumba, tapi kompetisi begitu. Semua kembali ke masyarakat sebagai pemilik suara,” ujar Fahidin yang juga anggota DPRD Bulukumba ini.
Sementara tim pemenangan Agus-TBL, Patudangi Aziz juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, keunggulan sementara NA di Bulukumba pada khususnya, lantaran ada sesuatu hal yang beda yang tak dimiliki dan tak dilakukan calon lainnya.
DIa mencontohkan perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Banteang menjadi salah satu indikator keberhasilan NA. Fakta tersebut menggiring opini masyarakat Bulukumba khususnya menjatuhkan pilihan ke pasangan nomor urut 3 tersebut.
“Apalagi warga Bulukumba yang melintas di Bantaeng bisa melihat langsung kerja dari NA. Hampir semua orang tahu, pembangunan di Bantaeng sukses di bawah kepemimpinan NA,” ucap Sekretaris Gerindra Bulukumba ini. (Fajar/Anjar).

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!