Satu TPS Di Gowa Laksanakan Pemungutan Suara Ulang, Segini Yang Datang Memilih – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Satu TPS Di Gowa Laksanakan Pemungutan Suara Ulang, Segini Yang Datang Memilih

HENDRA/RADAR SELATAN Suasana perhitungan suara di TPS 04 Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Minggu 1 Juli. KPU melakukan PSU karena terjadi kesalahan prosedur oleh KPPS.
GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Gowa terpaksa harus melaksanakan PSU (Pemungutan Suara Ulang) Pilkada Gubernur 2018. Keputusan tersebut diambil KPU Gowa karena dinilai terjadi cacat prosedur pada proses pencoblosan Rabu 27 Juni lalu.
Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muchtar Muis mengungkapkan, TPS yang melakukan PSU adalah TPS 04 Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang. Kesalahan prosedur yang dimaksud karena petugas KPPS meloloskan seorang warga untuk mencoblos hanya dengan menggunakan KK (Kartu Keluarga), padahal yang bersangkutan tidak terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilh Tetap)
“Ada pemilih yang lolos pengguna kartu keluarga, padahal yang disyaratkan itu cuman Surat Keterangan (Sukat) dan KTP-el, baru ada yang pakai KK,” terangnya.
Menurut Muchtar, PSU telah dilaksanakan pada Minggu 1 Juli lalu dengan jumlah DPT 622 pemilh di TPS Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang. Namun yang datang menggunakan hak pilihnya hanya 50 persen atau 313 pemilh, satu pemilh di antaranya batal atau tidak sah, 312 dianggap sah.
“Jadi DPT-nya di sana sebanyak 622. Cuman yang datang hanya kurang lebih 300 pemilih, dan sekarang sementara dilakukan perhitungan,” jelasnya.
Setelah dilakukan perhitungan, hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur unggul paslon nomor urut 4, Ichsan YL-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) sebanyak 190 suara. Kemudian disusul paslon Nurdin Abdullah-Andi Sudriman Sulaiman (NA-ASS) 109 sura, paslon Nurdin Halid-Azis Qahhar Muzakkar (NH-Azis) 10 suara, dan Agus Arifin Nu’mang-Tenribali Lamo (Agus-TBL). (hen/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!