Cerita Penumpang Selamat KM Lestari Maju, Sepanjang Perjalanan Dihantam Ombak – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Cerita Penumpang Selamat KM Lestari Maju, Sepanjang Perjalanan Dihantam Ombak

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Andi Muh Arfah (23) warga Paenre Lompoe, yang merupakan salah satu penumpang selamat KM Lestari Maju, menceritakan sejak keberangkatan pelabuhan bira menuju pelabuhan Pamatata Selayar, sepanjang pelayaran kapal terus dihantam ombak yang begitu besar.

“Mungkin kapal karam sekitar 300 meter dari bibir pantai. Orang sudah banyak yang pakai pelampung, saya langsung lompat dari kapal memakai pelampung dan kemudian berenang ke pantai,”jelasnya.

Ia mengaku tak mengetahui berapa persis jumlah penumpang namun dia menduga kapal tersebut bermuatan lebih. “Banyak yang tidak duduk, di lantai atas saja itu sampai di anjugannya banyak penumpang,”katanya. jelasnya.

Pegawai ASDP Selayar, Maskur Akbar yang menumpang KM Bonto Haru, ditemui di Pelabuhan Bira, menjelaskan kejadian tersebut sekitar pukul 13.30 wita. Saat itu KM Bonto Haru yang sedang siap berlayar dari Pelabuhan Pamatata ke Bira, mendapat telepon dari Nahkoda KM Lestari Maju.

“Jadi kita ditelpon agar KM Bonto haru segera memanggil tim sar dan tim penolong karena Km Lestari dalam keadaan tidak stabil. Jadi kita lihat itu KM lestari sudah oleng dan arah ke pelabuhan pamatata tidak terarah lagi,”jelasnya.

Hanya saja ia mengaku KM Bonto Haru tak bisa melakukan evakuasi lantaran disekitar perairan tempat KM Lestari karam kondisi dasar laut dangkal sehingga membahayakan KM Bonto Haru.

“Jadi evakuasi dan bantuan itu lebih mudah dari daratan. Yang membantu yah kapal kapal nelayan. Kita lihat itu para penumpang berlompatan dari atas kapal. Ada dua mobil yang masuk ke laut, jadi kapal karam dan yang terlihat sisa anjungan dan lantai atasnya,”tutupnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Selatan, KMP Lestari Maju diduga sebelumnya merupakan jenis kapal pengangkut barang. Kapal yang diproduksi pada tahun 1989 tersebut dilaporkan mulai beroperasi sejak November 2016 melayani angkutan penumpang dengan rute Pelabuhan Bira-Pamatata Selayar.

Hingga malam tadi, proses evakuasi terhadap para korban selamat dan meninggal dunia masih dilakukan oleh tim gabungan bersama nelayan di Kepulauan Selayar. Belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang terkait penyebab karamnya KMP Lestari Jaya. (faj/man)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!